Rumah Sewa di Kota Batu Diperketat usai Penangkapan Terduga Teroris Jaringan JAD

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 09:56 WIB
Pengawasan di wilayah Malang raya ditingkatkan pasca adanya penangkapan terduga teroris oleh Densus 88. Foto: SINDOnews/Avirista Midaada
BATU - Pengawasan di wilayah Malang raya ditingkatkan pasca adanya penangkapan terduga teroris oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri. Pengawasan ini juga melibatkan masyarakat sekitar kepada para penyewa rumah.

Pengawasan itu berlaku bagi wisatawan yang tinggal di villa atau homestay yang berada di Malang raya, meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. “Pengawasan kami perketat, untuk deteksi dini aksi teror,” kata Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, Sabtu (3/8/2024).

Menurut dia, deteksi ini tidak hanya mengandalkan kepolisian dan TNI saja, tapi perlu bantuan dari seluruh elemen masyarakat utamanya di Kota Wisata Batu. Makanya ia meminta perangkat lingkungan dan masyarakat setempat untuk peka kepada para pendatang.



”Di sana ada RT, Dusun, lingkungan bahkan sampai desa, mereka ini harus berkolaborasi bagaimana menjaga lingkungannya. Kalau ada hal-hal yang sifatnya perlu menjadi perhatian atau atensi, maka tidak ada salahnya mereka menanyakan,” kata Aries.

Bagi Aries, situasi kondusif di Kota Batu khususnya harus tetap dijaga dan itu menjadi kewajiban seluruh masyarakat, bukan hanya dilimpahkan ke pemerintah, TNI, dan Polri saja, serta terpenting sinergi antar seluruh elemen di Kota Batu.

”Ketika ada itu kami yakin aktivitas kita. Selain aktivitas wisatawan, itu bisa kita ketahui melalui laporan ditingkat RT. Saya yakin itu bisa dilakukan temen-temen semuanya termasuk TNI-POLRI,” ucapnya.

Di sisi lain, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto mengimbau, agar masyarakat Kota Malang bisa lebih peka dengan lingkungan sekitarnya. Pentingnya sikap tak apatis meminimalisir tindakan kejahatan mulai dari sarang pabrik narkoba hingga terduga teroris.



”Masyarakat kita imbau melalui Bhabinkamtibmas dan polisi RW intinya kalau kita lebih peduli dengan wilayah sekitar. Karena beberapa kali dengan adanya pabrik narkoba, adanya penggerebekan teroris, artinya orang-orang radius sekitar ini sangat apatis,” ucapnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content