Bencana Banjir Terjang 3 Kabupaten di Sultra, Ribuan Jiwa Terdampak

Sabtu, 06 Juli 2024 - 20:14 WIB
Bencana banjir merendam wilayah tiga kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra), yakni Buton Utara, Muna Barat, dan Konawe Selatan di awal Juli 2024. Foto/BNPB
BUTON - Bencana banjir merendam wilayah tiga kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra), yakni Buton Utara, Muna Barat, dan Konawe Selatan di awal Juli 2024.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir dipicu oleh hujan deras dengan curah tinggi yang menyebabkan sungai-sungai di wilayah tersebut meluap.



Dampak banjir yang merusak pemukiman warga serta infrastruktur penting di sepanjang aliran sungai.

Di Buton Utara, banjir menghantam beberapa kecamatan seperti Kambowa dan Kulisusu Barat.

"Sebanyak 1.670 jiwa atau sekitar 432 kepala keluarga terdampak," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Sabtu (6/7/2024).

Desa-desa seperti Morindino, Baluara, dan Pongkowulu di Kecamatan Kambowa serta Lapandewa dan Lambale di Kecamatan Kulisusu Barat menjadi pusat perhatian evakuasi dan bantuan kemanusiaan.



Kerugian material jalan poros dan talud sungai mengalami kerusakan parah, menghambat akses dan menambah kesulitan bagi warga yang harus menghadapi kondisi pasca-banjir.

"Sementara itu, di Kabupaten Muna Barat, luapan Sungai Tiworo menyebabkan 241 jiwa terdampak, dan sebanyak 34 Jiwa mengungsi," kata Aam sapaan akrab Abdul Muhari.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content