Survei Pilgub Jateng 2024 Versi SPIN , Elektabilitas Ahmad Luthfi Meningkat

Jum'at, 05 Juli 2024 - 19:46 WIB
Disusul Kaesang Pangarep; Taj Yasin Maimoen; Hendrar Prihadi; Bambang Wuryanto; Siti Atikoh; Sudaryono; Dico Ganinduto dan M Yusuf Chudlori. Persentase keterpilihan cenderung secara ketat masih neck to neck (masih dalam margin of error) kecuali Ahmad Luthfi yang leading jauh.

Pada pertanyaan tertutup, elektabilitas setiap kandidat cenderung semakin menguat. Ahmad Luthfi melesat meninggalkan kandidat-kandidat lainnya para kandidat lain masih belum dapat memastikan posisinya masing-masing karena perolehan elektabilitasnya masih berselisih sangat tipis (masih berada di dalam margin of error).

Pertarungan antar kandidat masih sangat ketat dan situasi pertarungan masih sangat dinamis.

Kenaikan elektabilitas Kapolda Jateng tersebut tak lepas dari dukungan seluruh kepala desa/lurah se Jateng. Disamping itu peristiwa Sukolilo di Pati yang menarik perhatian publik luas dan berhasil diatensi dan ditangani secara berwibawa oleh Ahmad Luthfi.

Keamanan di Jateng khususnya Sukolilo, Pati kembali pulih dan dapat membantu menghapus stigma negatif terhadap warga Sukolilo. Alasan terkuat naiknya elektabilitas Ahmad Luthfi datang dari Jokowi effect.

"Kita ketahui temuan survei SPIN kali ini menunjukkan Jokowi menjadi referensi utama dalam memilih kandidat Gubernur Jateng sehingga tentunya berdampak positif terhadap elektabilitasnya," ujar Igor.

Dia menyebut dampak Jokowi (Jokowi effect) tersebut juga tampaknya berdampak positif terhadap elektabilitas Kaesang Pangarep.

Kaesang dapat menjadi penantang serius kandidat lainnya bila benar-benar didorong ikut dalam kontestasi Pilgub Jateng.

Meskipun demikian Pilgub Jateng masih sangat dinamis dan masih terbuka lebar bagi para kandidat untuk keluar menjadi pemenang. Hal ini terlihat masih tingginya tingkat swing voters dibandingkan strong voters.

Survei SPIN di Jawa Tengah ini dilakukan pada tanggal 23 Juni-1Juli2024 dengan total jumlah sampel 1.200 respoden dengan Margin of Error +/- 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content