5 Fakta Letnan Komarudin, Serbu Markas Penjajah Berbekal Ilmu Kebal dan Tak Mempan Disuntik

Selasa, 02 Juli 2024 - 14:59 WIB


Disebutkan jika Letnan Suegiyono yang berada di dekat posisi pleton Komarudin segera mengetahui dan menyelidiki insiden yang terjadi. Letnan Gideon dan Sersan Soegeng lantas berhasil menemui Letnan Komarudin dan memberitahu bahwa hari itu bukan tanggal 1 Maret melainkan 28 Februari.

Komarudin yang terkejut atas kabar itu lantas memerintahkan pasukannya untuk mundur. Untungnya serangan yang dilakukan itu tidak membuat Belanda meningkatkan kekuatannya di Yogyakarta.

3. Pernah Dituding Ikut DI/TII



Setelah kematian Jenderal Soedirman, karier militer Komarudin meredup akibat tuduhan keterlibatan dengan gerakan DI/TII. Meskipun tuduhan tersebut tidak terbukti, karirnya tidak kembali bersinar.

Namun, nama baiknya kemudian direhabilitasi.Setelah mundur dari militer, Komarudin hidup sebagai preman yang disegani di Kotagede dan kemudian di Jakarta.

4. Dikisahkan Memiliki Ilmu Kebal



Untuk kisah satu ini masih diragukan kebenarannya, namun banyak pihak yang beranggapan jika Letnan Komarudin memiliki ilmu kebal.

Dikisahkan jika Komarudin menjadi terkenal ketika pasukannya berlindung di balik tubuhnya yang kebal peluru saat diberondong peluru oleh tentara Belanda.

5. Tidak Mempan Disuntik

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content