Ponpes Madrasatul Quran At Tauhid Dilatih Budi Daya Maggot Berbasis IoT

Kamis, 21 Desember 2023 - 19:04 WIB
Budi daya maggot pun terbilang cukup mudah karena pakannya berasal dari limbah rumah tangga atau sampah organik yang mudah didapatkan. Karena itu, budidaya maggot juga mendukung program pengolahan dan pemberdayaan sampah organik di pesantren, serta diharapkan turut berkontribusi terhadap pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Solusi IoT untuk budidaya maggot juga telah diterapkan di Ponpes Miftahul Ulum Sekar Anyar, Pamekasan, Madura; Pesantren Hidayatulloh, Depok, Jawa Barat; Ponpes PesantrenAl Idrisiyah, Tasikmalaya, Jawa Barat; Ponpes KH Mas Mansur Madrasah Boarding School (MBS), Brebes, Jawa Tengah.

Untuk memanfaatkan teknologi digital dan kebutuhan komunikasi, XL Axiata juga menyediakan layanan jaringan di sekitar area pondok pesantren dengan memasang MBTS. Dengan adanya MBTS yang dipasang di area pondok pesantren harapannya dampak positif juga dapat dirasakan masyarakat sekitar untuk memanfaatkan teknologi digital di kehidupan sehari-hari.

Pengasuh Ponpes Madrasatul Quran At Tauhid KH Ahmad Hafidz Ayatulloh mengatakan, penerapan IoT bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan pemanfaatan teknologi digital serta kewirausahaan sosial di kalangan ponpes. Dia berharap pelatihan dan dukungan ini juga dapat memberikan dampak positif terhadap pemberdayaan ekonomi di kalangan pondok pesantren.
(poe)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More