7 Ratu Gaib yang Menguasai Wilayah Nusantara, Nomor 1 Penguasa Laut Selatan

Selasa, 24 Oktober 2023 - 12:25 WIB
Nyi Roro Kidul merupakan ratu gaib yang menguasai laut selatan Pulau Jawa. Foto/Instagram @melsaoktavin
JAKARTA - Terdapat sejumlah ratu gaib yang diketahui menjadi penguasa di wilayah Nusantara. Salah satu yang paling terkenal di masyarakat adalah Nyi Roro Kidul yang diyakini menjadi penguasa laut pantai selatan.

Pada dasarnya, setiap ratu atau penguasa tentu memiliki sejarah dan wilayah kekuasaan yang berbeda. Mereka juga dipercaya memiliki kekuatan spiritual yang dianggap sebagai pelindung dan penjaga daerah kekuasaannya.

Sedikitnya ada tujuh ratu gaib yang diketahui menjadi penguasa di wilayah Nusantara. Adapun ketujuh ratu tersebut adalah sebagai berikut.

Ratu Gaib yang Menguasai Wilayah Nusantara



1. Nyi Roro Kidul





Nyi Roro Kidul merupakan ratu gaib yang menguasai laut selatan Pulau Jawa. Menurut salah satu versi cerita, ia adalah mantan permaisuri Prabu Siliwangi yang melakukan ritual mekso atau mengubah diri menjadi makhluk gaib dengan menceburkan diri ke laut.



Ia kemudian menikah dengan raja-raja Mataram dan menjadi pelindung kerajaan tersebut. Nyi Roro Kidul juga dikenal sebagai penguasa kerajaan Laut Kidul, yang berisi berbagai makhluk gaib seperti naga, ular, dan ikan.

2. Dewi Lanjar

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More