Cegah Kejahatan Digital ke Anak Disabilitas, Literasi Harus Ditingkatkan

Rabu, 09 Agustus 2023 - 19:11 WIB
Literasi digital inklusi untuk mencegah kejahatan ke anak disabilitas digelar di SLB Negeri 1 Makassar, Sulawesi Selatan. Foto/Ist
MAKASSAR - Perkembangan teknologi digital berbarengan dengan munculnya kejahatan digital di dalamnya. Kondisi ini menjadi sebuah tantangan bagi anak-anak khususnya disabilitas intelektual.

Oleh karena itu, diperlukan peran penting dari orang tua dalam mengawasi dan mendampingi anak-anak mereka dalam mengeksplor dunia digital.



“Tugas kita sebagai orang tua tidak hanya mengenalkan ruang digital kepada anak kita, tetapi juga bisa mengeluarkan ide-ide kreatif lewat teknologi agar mereka bisa menggunakan teknologi digital dengan positif dan dapat terhindar dari kejahatan digital,” ujar Kepala SLB 1 Negeri Makassar, Andi Hamjan dalam sambutannya pada acara Literasi Digital Inklusi untuk Disabilitas di Aula SLB Negeri 1 Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (9/8/2023).

Andi menjelaskan tanpa pendampingan yang ketat dari orang tua tentang bagaimana mengakses informasi yang ada di ruang digital, anak-anak disabilitas tidak akan mengerti sisi positif dan negatif dari teknologi digital.



Sementara itu, Co-Founder Paebrik Soeara Rakjat Rizky Ardi Nugroho menjelaskan tentang Literasi Digital yang Inklusif dan Ramah Disabilitas. Dia menyebut orang tua harus mengantisipasi tindak kejahatan digital yang berpotensi menyerang anak-anak disabilitas dalam penggunaan teknologi digital.

“Ini tentang bagaimana kita melindungi aset-aset digital kita, bagaimana sih anak-anak kita bisa meningkatkan keamanan digital mereka,” ujarnya.



Untuk bisa meningkatkan keamanan digital tersebut, Rizky menyarankan kepada para orang tua dari anak-anak disabilitas untuk bisa mengamankan perangkat dan identitas digital, mewaspadai modus penipuan digital, dan memahami rekam jejak digital mereka.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More