MAS Bius Ribuan Warga

Sabtu, 09 Mei 2015 - 12:06 WIB
MAS Bius Ribuan Warga
MAS Bius Ribuan Warga
A A A
MEDAN - Pameran Medan Air Show (MAS) 2015 mendapat sambutan luar biasa dari warga Kota Medan. Kemarin, ribuan warga memadati lapangan eks Bandara Polonia untuk menyaksikan beragam atraksi yang mengundang decak kagum.

Antusiasme masyarakat mengunjungi arena MAS memang cukup tinggi. Hal itu tampak dari kehadiran mereka yang sejak pagi atausebelumpamerandibuka. Begitu dibuka pukul 10.00 WIB, warga terus berduyun-duyun menyaksikan event akbar yang baru pertama kali digelar di Kota Medan itu. Hingga sore hari, loket pembelian tiket di pintu gerbang eks Bandara Polonia masih terlihat dipadati warga.

Warga semakin ramai mendatangi lokasi MAS karena pesawat yang melakukan atraksi juga semakin banyak dibanding hari pertama pelaksanaan MAS, Kamis (7/5). Warga seakan penasaran ingin melihat lebih dekat pesawat-pesawat itu. Makanya mereka rela datang berbondong-bondong sejak pagi hari.

“Hari ini setidaknya sudah ada sepuluh pesawat yang datang, jadi acaranya semakin ramai. Pengunjung bisa melihat langsung pesawatnya, dan bahkan bisa ikut joint flight atau terbang bersama kami. Hari ini berebut yang mau ikut terbang, tapi tentu kami batasi karena alasan keamanan,” ujar Komandan Lanud Soewondo, Kolonel Pnb Chandra Siahaan.

Kemarin, panitia menyediakan waktu joint flight sebanyak lima kali menggunakan pesawat CN 295 milik TNI AU. Setiap terbang, pesawat buatan Indonesia itu mengangkut 40 orang plus petugas dan awak pesawat. Fransisco Ginting, salah seorang pelajar yang ikut joint flight mengaku cukup senang mendapat kesempatan terbang bersama pesawat CN 295.

Dia baru pertama kali naik pesawat CN 295, sehingga sangat bersemangat ketika panitia dari TNI AU mengajaknya ikut terbang mengelilingi Kota Medan. “Pas mau lepas landas sempat takut juga, karena sebelumnya tidak pernah naik pesawat. Sangat senang rasanya dengan acara ini, pelajar dan masyarakat bisa ikut naik pesawat,” ujar siswa SMA Laksamana Martawinata, Medan, itu.

Pemuda 17 tahun ini mengaku memang sengaja datang ke arena MAS bersama empat orang temannya karena penasaran dengan dunia kedirgantaraan. Mereka ingin mengetahui secara langsung ilmu kedirgantaraan di arena pameran. Kebetulan pihak sekolah juga memberikan izin kepada mereka untuk meninggalkan kelas. “Kami sangat senang diberi kesempatan ikut joint flight . Teriak-teriak kami di dalam pesawat itu, karena banyak juga yang baru pertama kali naik pesawat,” kata Fransisco.

Selain joint flight , pada siang hari kemarin, pesawat Red Bull N-364 EX juga turut melakukan atraksi. Atraksi ini mengundang decak kagum pengunjung yang hampir memadati lapangan eks Bandara Polonia. Pengunjung tampak berteriak histeris menyaksikan atraksi pesawat akrobatik asal Amerika Serikat itu.

Dalam atraksinya, pesawat yang dibawa pilot Les Vorosmarthy itu mengeluarkan asap yang berwarna-warni kemudian secara cepat terbang melesat ke udara dengan cara vertikal. Setelah di puncak ketinggian, pesawat akrobatik ini tibatiba turun ke bawah seperti pesawat jatuh. Namun, setelah terbang rendah, tiba-tiba kembali terbang tinggi dengan cara berputar-putar.

Kontan, atraksi ini mendapat tepuk tangan meriah dan teriakan dari pengunjung. Seusai atraksi ini, hiburan selanjutnya menyaksikan terjun payung dari Wara (Wanita Angkatan Udara). Sebanyak lima Wara melakukan aksi terjun payung di atas lapangan eks Bandara Polonia. Begitu mendarat, para Wara cantik dan terlatih ini menjadi pusat perhatian pengunjung.

Semua pengunjung langsung datang mendekati mereka. Ada yang sekadar meminta foto bersama dan ada yang melihat-lihat alat terjun payungnya. Pertunjukan dan atraksi yang mengundang decak kagum dipastikan masih akan terus berlanjut. Bahkan hari ini (Sabtu, 9/5) bakal lebih meriah lagi. Sebab, panitia akan menghadirkan pesawat Hawk.

Pesawat Howk merupakan pesawat tempur milik TNI AU yang sangat dikenal di dunia internasional. Selain itu, akan ada juga hiburan dari sejumlah artis ibu kota. Khusus hari ini, MAS akan buka hingga pukul 22.00 WIB.

Panggabean hasibuan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8736 seconds (0.1#10.140)