Dua Perampok Abang Kandung Trimedya Panjaitan Ditangkap

Sabtu, 09 Mei 2015 - 12:05 WIB
Dua Perampok Abang Kandung Trimedya Panjaitan Ditangkap
Dua Perampok Abang Kandung Trimedya Panjaitan Ditangkap
A A A
MEDAN - Dua pelaku perampokan terhadap Sumihar Panjaitan, 60, asal Jakarta Pusat ditangkap personel Jahtanras Polresta Medan, Jumat (8/5).

Sumiran diketahui abang kandung dari Trimedya Panjaitan, anggota Komisi III DPR. Kedua pelaku perampokan tersebut, adalah Ryan Basir, 21, warga Jalan Ibrahim Umar, Kelurahan Sei Kera Hilir, Medan Perjuangan dan Praditya Siswa alias Bogel, 25, warga Jalan HM Yamin Medan.

Kasat Reskrim Polresta Medan Kompol Wahyu Bram Istanto menyebutkan, masih melakukan pengembangan atas penangkapan kedua tersangka untuk mengetahui penadah barang curian yang biasa menampung hasil kejahatan. Bram juga menyebutkan upaya menekan aksi kejahatan juga difokuskan pihaknya melalui pengungkapan jaringan penadah barang curian yang merupakan salah satu faktor pendorong maraknya aksi kejahatan.

“Sudah diamankan kedua tersangkanya dan kita masih melakukan pengembangan untuk menangkap penadahnya. Kenapa kita fokuskan penadahnya, karena jaringan penadah barang curian juga mempengaruhi maraknya aksi kejahatan. Kedua tersangka yang diamankan dijerat pasal 365 KUHPidana dengan ancaman penjara diatas 5 tahun,” ungkap Kompol Wahyu Bram.

Informasi yang diperoleh di Polresta Medan, kedunya telah enam kali melakukan aksi perampokan di antaranya di Jalan Kol Yos Sudarso, Pulau Brayan pada September 2014 dan berhasil menggasak uang Rp2 juta. Kemudian di Jalan Sutomo merampas uang Rp200.000 pada Oktober 2014.

Di Jalan Sutomo persisnya di persimpangan Jalan Bambu keduanya berhasil mengambil uang Rp200.000 pada Maret 2015. Berikutnya di Jalan Putri Hijau, Medan Barat uang Rp500.000 berhasil dikantonginya pada April 2015. Terakhir keduanya merampok lagi di Jalan Stasiun, pada Minggu (19/4). Namun, mereka hanya berhasil membawa kabur tas berisi laptop milik Sumihar Panjaitan.

Sementara itu, seorang tersangka mengaku sudah lebih dari 10 kali melakukan aksi penjambretan di beberapa lokasi di Kota Medan. Tersangka bahkan mengaku tak ingat dimana saja sudah beraksi memangsa korbannya. “Sudah lebih 10 memang, di mana-mana saja, sudah lupa kami orang banyak tempatnya pindah-pindah,” ujar tersangka Ryan Basyir.

Dody ferdiansyah
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3985 seconds (0.1#10.140)