Waduk Sadawarna Subang Masuk Prioritas Pembangunan Jabar

Jum'at, 08 Mei 2015 - 23:59 WIB
Waduk Sadawarna Subang Masuk Prioritas Pembangunan Jabar
Waduk Sadawarna Subang Masuk Prioritas Pembangunan Jabar
A A A
SUBANG - Waduk Sadawarna yang rencananya bakal dibangun di Desa Sadawarna dan Cibalandongjaya, Kecamatan Cibogo, Subang, dipastikan masuk dalam prioritas pembangunan Jawa Barat (Jabar).

"Proyek ini sudah masuk dalam prioritas rencana pembangunan jangka menengah Provinsi," ujar Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari.

Sebagai pimpinan legislatif, pihaknya mendukung penuh terwujudnya pembangunan waduk yang arealnya berada di antara Subang, Sumedang dan sebagian kecil Indramayu.

Sebab, keberadaan waduk itu diyakini bakal memberikan manfaat besar dalam menyokong program kedaulatan pangan nasional yang dicanangkan Presiden Jokowi."Target swasembada pangan itu kan harus terealisasi tiga tahun ke depan," ucapnya.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, saat ini rencana pembangunan waduk Sadawarna sudah masuk dalam kajian di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pihaknya tidak bisa memutuskan sendiri ihwal rencana pembangunan waduk yang bakal berfungsi mengairi puluhan ribu hektar sawah di kawasan pantura Subang dan Indramayu tersebut."Keputusannya tetap di pusat. Sekarang masih dalam proses kajian," kata Heryawan.

Menurutnya, pembangunan waduk ini nantinya akan dibiayai APBN. Namun, Pemprov dan ketiga Pemkab, yakni Subang, Sumedang, serta Indramayu, juga dipastikan tetap dibebani kewajiban pembiayaan."Kewajiban-kewajiban yang diserahkan pusat ke daerah pasti ada," katanya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3872 seconds (0.1#10.140)