Jalan Bahagia By Pass Ambles lagi

Selasa, 05 Mei 2015 - 11:07 WIB
Jalan Bahagia By Pass Ambles lagi
Jalan Bahagia By Pass Ambles lagi
A A A
MEDAN - Belum genap sebulan pengguna Jalan Bahagia By Pass, Kecamatan Medan Kota menikmati jalanan yang mulus, jalan tersebut sudah kembali ambles.

Letak jalan yang ambles di persimpangan Jalan M Nawi Harahap dengan ukuran cukup lebar dan dinilai mengancam keselamatan pengguna jalan. Pengamatan KORAN SINDO MEDAN, kemarin, sejumlah pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut harus ekstra hati-hati. Banyak di antaranya yang hampir terperosok masuk ke lubang jalan yang memiliki kedalaman sekitar satu meter itu.

Jalan mudah ambruk lantaran tidak sanggup menahan beratnya muatan truk bertonase berat yang setiap harinya melintas di kawasan tersebut. “Belakangan ini sudah dua kali diperbaiki, tapi tetap ambles. Bahkan, kami belum sampai sebulan menikmati jalan yang mulus itu. Sabtu (2/5) lalu, jalan sudah kembali ambles. Itu disebabkan adanya mobil truk yang mengangkut alat berat sering melintas,” ungkap T Simatupang, 43, warga sekitar kepada KORAN SINDO MEDAN, kemarin.

Menurut dia, kondisi jalan tersebut harus terus diperhatikan agar tidak mudah rusak. Jika diperbaiki, harus dengan kualitas bagus dan truk yang melintas juga diminta bertanggung jawab. Effendi Harahap, 32, warga Medan Amplas, yang hampir setiap hari melintasi kawasan itu mengaku sangat terganggu dengan jalan ambles.

Disebutkannya, beberapa hari belakanganini pernah melihat pengguna jalan hampir terperosok lubang yang berada di atas drainase tersebut. “Tentu kondisi jalan yang ambles sangat mengancam keselamatan pengguna jalan, apalagi posisinya tepat di persimpangan. Seingat saya ini baru beberapa pekan lalu diperbaiki, dan pengguna jalan sudah nyaman. Tapi kenapa rusak lagi? Apakah pembangunan asalasalan atau memang karena truk yang bebas keluar-masuk,” katanya.

Pria yang bekerja di Kawasan Industri Medan (KIM) II ini mengharapkan Pemerintah Kota (Pemko) Medan segera memperbaiki jalan dengan kualitas yang tahan lama, sehingga tidak mudah ambruk lagi. “Jika dibangun lagi, janganlah mudah ambruk. Kalau jalan bagus warga akan merasa nyaman. Truk yang keluar-masuk juga harus disesuaikan kondisi jalan,” katanya.

Sementara Camat Medan Kota, Syahrul Rambe, mengatakan, sudah mengetahui kondisi jalan yang sudah ambruk kembali. Selanjutnya mereka sudah melaporkan hal tersebut kepada Dinas Bina Marga Medan untuk segera diperbaiki. Perbaikan yang dilakukan diharapkan memiliki kualitas bagus, sehingga tidak mudah rusak kembali. “Informasinya sudah sampai kepada kami. Kami juga sudah sampaikan kepada Dinas Bina Marga, mudah-mudahan segera diperbaiki,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari warga, kemarin sore alat berat milik Dinas Bina Marga Medan diturunkan ke Jalan Bahagia By Pass untuk memperbaiki kondisi jalan ambles tersebut. Petugas terlihat mulai memasang sejumlah semen di atas drainase tersebut. Warga berharap tidak terjadi lagi jalan ambles setelah diperbaiki.

Irwan siregar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0712 seconds (0.1#10.140)