Warga Amplas Diajak Budidayakan Hidroponik

Selasa, 05 Mei 2015 - 11:07 WIB
Warga Amplas Diajak...
Warga Amplas Diajak Budidayakan Hidroponik
A A A
MEDAN - Camat Medan Amplas Zulfakhri Ahmadi mengajak seluruh warga Medan Amplas untuk menggalakkan tanaman hidroponik.

Selain memiliki nilai ekonomis, tanaman berbasis air dengan menggunakan wadah bahan bekas ini juga sangat sesuai dengan program Pemko Medan yang menggalakkan penghijauan. “Jumat (1/5) kemarin, kami baru melakukan sosialisasi bekerja sama dengan Komunitas Hidroponik Medan di Jalan Bajak IV. Kami memberikan pemahaman tentang cara penanaman melalui hidroponik guna menambah pengetahuan warga,” kata Zulfakhri di Medan, Senin (4/5).

Menurut Zulfakhri yang juga mantan Camat Medan Selayang ini, cara penanaman hidroponik tidak begitu sulit dan biaya yang dikeluarkan tidak mahal. Warga pun bisa memanfaatkan pekarangan untuk lahan budi daya tanaman hidroponik. Beberapa hidroponik yang umum, yakni sayur-sayuran seperti kangkung, pakchoy, sosin, brokoli, bayam, tomat, cabai rawit, bahkan stroberi.

Masa penanaman hingga panen hanya memerlukan waktu 15-17 hari. “Intinya bagaimana tanaman hidroponik bisa memenuhi kebutuhan warga sehari-hari tanpa harus membeli. Tanaman hidroponik juga sangat sehat untuk dikonsumsi,” katanya. Lebih lanjut Zulfakhri menyebutkan, Kecamatan Medan Amplas sudah memiliki tujuh kelompok untuk menanam hidroponik.

Dengan dibentuknya kelompok ini diharapkan bisa memotivasi warga lainnya untuk terus menggalakkan budi daya hidroponik. Kegiatan hidroponik ini juga merupakan salah satu instruksi Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin untuk menjalankan program Pemko Medan melalui Medan Berhias (Bersih, Hijau, Asri, dan Sehat).

Sementara Ketua Komunitas Hidroponik Medan Samuel Wu dan Sekretaris Faisal Khurdi mengajak pekarangan warga yang tidak digunakan untuk segera ditanami hidroponik. Selain itu, bahan yang digunakan tidak begitu sulit diperoleh karena hanya menggunakan botol bekas. Dengan ada pertemuan bersama warga di Jalan Bajak IV, Samuel mengharapkan warga Medan Amplas mau mempraktikkannya.

“Pertemuan ini kami harapkan bisa meningkatkan minat masyarakat untuk menanam hidroponik. Daripada buang botol-botol ke jalanan, lebih bagus digunakan sebagai bahan dan lahan yang kosong di depan rumah sudah seharusnya ditanami agar terlihat lebih indah,” katanya.

Irwan siregar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0843 seconds (0.1#10.140)