Ratusan Jaksa Kejati DIY Tes Urine

Selasa, 05 Mei 2015 - 01:06 WIB
Ratusan Jaksa Kejati DIY Tes Urine
Ratusan Jaksa Kejati DIY Tes Urine
A A A
YOGYAKARTA - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY melakukan tes urine terhadap 200 jaksa Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY, Senin (4/5/2015).

Namun, BNNP belum bisa mempublikasikan hasilnya apakah ada atau tidak jaksa yang positif menyalahgunakan narkotika.“Sementara ini, hasilnya belum dilaporkan seluruhnya oleh staf, saya kira ini juga dijaga kerahasiannya,” ungkap Kepala BNNP DIY Soetarmono.

BNNP akan merahasiakan hasil tes urine ratusan jaksa ini dengan alasan sebagai upaya awal untuk pengembangan jika ternyata ada oknum jaksa yang positif menyalahgunakan narkotika dan terindikasi terlibat jaringan peredaran.

Soetarmono mengaku tidak akan pandang bulu memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkotika meskipun menyeret oknum aparat kejaksaan.

“Tes urine tadi permintaan langsung Pak Kajati (I Gede Sudiatmaja, Kepala Kejati DIY). Jika nanti ada yang positif, komitmen Pak Kajati dengan BNNP akan menindaknya dengan tegas. Jika ada yang terindikasi terlibat peredaran, sesuai prosedur akan kami tindak,” jelas Soetarmono.

Secara bertahap, BNNP DIY juga akan menggelar tes urine terhadap jaksa-jaksa di seluruh Kejaksaan Negeri di DIY. Kapan waktu pelaksanaannya akan dirahasiakan terlebih dulu untuk mengantisipasi kebocoran. “Waktunya kapan kami rahasiakan,” imbuhnya.

Kasi Penerangan Hukum Kejati DIY, Zulkardiman mengatakan, pihaknya memang sengaja meminta BNNP untuk mengetes urine jaksa di lingkungan Kejati DIY. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya oknum jaksa yang terlibat penyalahgunaan maupun peredaran narkotika.

“Atas perintah pimpinan demi menciptakan lingkungan kejaksaan yang bersih dari narkotika,” katanya.

Namun, Zulkardiman juga tidak bersedia membeberkan hasil tes urine apakah ada atau tidak jaksa di Kejati DIY yang urinenya positif mengandung zat narkotika. “Seluruh jaksa Kejati DIY dites urine,” imbuhnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4855 seconds (0.1#10.140)