Angkat Tema Alam, SNC Diklaim Bakal Meriah

Sabtu, 02 Mei 2015 - 10:33 WIB
Angkat Tema Alam, SNC...
Angkat Tema Alam, SNC Diklaim Bakal Meriah
A A A
PUNCAK rangkaian HUT ke- 468 Kota Semarang akan dimeriahkan dengan festival tahunan Semarang Night Carnival (SNC) yang akan dilaksanakan, Minggu (3/5) malam.

Dimulai dari titik 0 ki-lometer tepatnya di depan Gedung Papak, arak-arakan para peserta karnaval nanti akan berlangsung di sepanjang Jalan Pemuda hingga finis di depan balai kota. SNC kali ini diharapkan akan dapat berjalan lancar dan tertib sehingga membuat nyaman penonton maupun bagi para peserta karnaval. Karena itu, Jalan Pemuda akan ditutup total selama berlangsungnya SNC.

“Jalan Pemuda akan ditutup sejak pukul 19.00 hingga 21.00 WIB,” ujar Kabag Humas Setda Pemkot Semarang Achyani kemarin. Penutupan arus juga akan dilakukan di beberapa ruas jalan menuju Jalan Pemuda, seperti Jalan R Soeprapto, Jalan P Tendean, Jalan Tanjung, Jalan Gendingan, Jalan Saidan, Jalan Kol Soegiono, Jalan KH Agus Salim, Jalan Gajahmada, Jalan Depok, Jalan Thamrin, Jalan Imam Bonjol, dan Bundaran Tugumuda.

Menghindari kemacetan lalu lintas, pengguna jalan yang akan melalui Jalan Pemuda diimbau mencari alternatif jalan lain. Demi kenyamanan pengunjung dan peserta karnaval, para penonton dan pengantar peserta SNC juga diimbau untuk dapat mematuhi area larangan parkir yang ada. “Di mana sepanjang Jalan Pemuda akan disterilkan dari parkir kendaraan bermotor, baik roda dua dan empat,” ujar Achyani.

Bagi pengguna kendaraan yang nekat memarkirkan kendaraannya di sepanjang Jalan Pemuda, terpaksa akan ditindak dan ditilang. “Para penonton dan pengantar peserta karnaval dapat memarkirkan kendaraannya di sejumlah kantong parkir yang disediakan panitia, yakni di halaman Hotel Dibya Puri, SMA 3, SMA 5, halaman belakang Gedung Balai Kota, DP Mall, dan museum Mandala Bhakti,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Masdiana Safitri mengatakan, seluruh peserta karnaval mengikuti geladi bersih yang dilakukan di Kota Lama mulai pukul 18.00 WIB. Seluruh peserta ditata lalu diarak dari Kota Lama di depan Gereja Blenduk hingga balai kota. “Kami sekaligus mengundang warga untuk datang dan menyaksikan SNC 2015 mulai pukul 18.30,” ucapnya.

Beberapa bintang tamu dipastikan hadir, antara lain, yakni Katon Bagaskara, The Jumpers Band, dan Kelik Pelipur Lara. Kasi Pagelaran Seni Budaya Disbudpar Kota Semarang Taufan Y Dalimarta menambahkan, para peserta karnaval akan mengenakan kostum yang berasal dari bahan ramah lingkungan dan mudah didapat, seperti anyaman bambu, pandan, dan tikar yang dipadukan dengan batik Semarangan.

M abduh
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5781 seconds (0.1#10.140)