Diterjang Awan Panas Sinabung, Belasan Rumah Hancur

Rabu, 29 April 2015 - 21:51 WIB
Diterjang Awan Panas Sinabung, Belasan Rumah Hancur
Diterjang Awan Panas Sinabung, Belasan Rumah Hancur
A A A
KARO - Belasan rumah warga di Desa Gurukinayan, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo ludes diterjang awan panas yang berasal dari Gunung Sinabung.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Desa Sukameriah yang letaknya searah dengan Desa Gurukinayan telah rata dengan tanah akibat terus menerus di terjang awan panas.

Pantauan dilokasi, kondisi Desa Gurukinayan, Rabu (29/4/2015) terlihat luluh lanta dengan asap yang masih terlihat dari puing sisa bangunan rumah warga.

Setia Sembiring yang merupakan warga sekitar mengatakan, 10 unit rumah dan 4 unit rumah adat telah rata dengan tanah akibat kebakaran itu.

"Sampai pukul 4 pagi kami secara manual terus berupaya memadamkan api. Namun apalah daya, memadamkan api di tengah ancaman awan panas membuat pamadaman tidak efektif," katanya.

Tidak ada mobil pemadam kebakaran yang datang, karena memang akses menuju desa ditutup portal."Namun karena itu kampung halaman kami. Makanya kami terobos masuk," sebutnya.

Menurut Plt Kepala Desa Gurukinayan Pelin Sembiring, awan panas terlihat menjilat Desa Gurukinayan pada Selasa 28 April 2015 sebanyak 14 kali dari pukul 17.00 WIB-20.00 WIB.

Hal itu cukup mengkhawatirkan karena apabila terus diterjang awan panas, maka Desa Gurukinayan akan bernasib sama dengan Desa Suka Meriah.

"Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Warga yang berada dihunian sementara dihimbau tetap siaga guna menghindari hal - hal yang tidak kita inginkan," ujarnya.

Informasi dihimpun dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Sinabung, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, hingga pukul 18.00 WIB belum ada terekam luncuran awan panas.

Namun, Sinabung masih berpotensi meluncurkan awan panas seiring dengan masih tingginya aktivitas kegempan.

"Sejak pukul 00.00 WIB terekam 33 kali gempa guguran, 17 kali Low Freqwency, 4 kali hybrid, dan tremor secara terus menerus dengan amplitude 0,5-2 milimeter (mm) dominan 0,5," kata Dery, petugas PPGA.

Baca Juga: Lahar Dingin Sinabung Terjang Sejumlah Desa
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4765 seconds (0.1#10.140)