Lahar Dingin Sinabung Terjang Sejumlah Desa

Selasa, 28 April 2015 - 21:23 WIB
Lahar Dingin Sinabung Terjang Sejumlah Desa
Lahar Dingin Sinabung Terjang Sejumlah Desa
A A A
KABANJAHE - Luncuran awan panas Gunung Sinabung yang terjadi pada saat hujan mengguyur puncak Sinabung, kembali memicu terjangan aliran lahar dingin di sejumlah desa yang berada pada kawasan lingkar gunung.

Informasi yang diperoleh Sindonews, Selasa (28/4/2015), akses jembatan darurat yang terbuat dari batang pohon di Desa Perbaji, Kecamatan Tiganderket kembali rusak akibat tingginya intensitas laharan.

Hal serupa terjadi di Desa Mardingding yang berjarak sangat dekat dengan gunung. Akibatnya, masyarakat desa masih ada yang terjebak dan belum dapat meninggalkan desa karena tingginya intensitas lahar dingin.

Seperti sebelumnya, selain desa Mardingding dan Perbaji, sejumlah desa di Kecamatan Tiganderket juga terdampak aliran lahar dingin. Belum adanya solusi yang jelas dari pemerintah menyebabkan masyarakat setempat selalu kocar-kacir saat terjadi bencana lahar dingin dan luncuran awan panas.

Ratusan hektare (ha) lahan pertanian warga pada radius 3-10 km dari puncak kawah Sinabung dipastikan terancam gagal panen akibat tertutup lumpur vulkanik.

Diberitakan sebelumnya, puncak kawah gunung dengan ketinggian 2.460 mdpl itu kembali meluncurkan awan panas sejauh 3-4,5 kilometer (km) ke arah selatan gunung (Desa Berastepu, Sibintun, Kecamatan Payung). (Baca: Lagi, Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5518 seconds (0.1#10.140)