Longsor Gunung Kuda Jadi Perhatian Jokowi

Selasa, 28 April 2015 - 20:28 WIB
Longsor Gunung Kuda...
Longsor Gunung Kuda Jadi Perhatian Jokowi
A A A
CIREBON - Longsor Galian C di Gunung Kuda, Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang terjadi Minggu (26/4/2015) menjadi perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini pidana umum dan menjadi atensi Presiden Jokowi. Presiden meminta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan memonitor kejadian ini," kata Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sonny Partono, Selasa (28/4/2015).

Dia menjelaskan, penambangan di area tersebut berstatus pinjam pakai ke Perhutani. Dia mengakui, kesalahan ada pada teknik penambangan.

Seharusnya, penambangan dilakukan mulai dari atas ke bawah mengingat bagian atas gunung material lebih berupa pasir.

Namun, teknik yang dipakai selama ini justru sebaliknya, yakni dari bawah ke atas. Dengan material bagian atas lebih banyak berupa pasir, maka begitu penambangan dimulai dari bawah yang materialnya lebih banyak batu, tak heran gunung tersebut menjadi rentan terhadap longsor.

Atas insiden itu, perizinan penambangan di lokasi kejadian dibekukan. Sementara perizinan penambangan di lokasi lain akan dievaluasi.

Diberitakan sebelumnya, dua orang ditemukan tewas tertimbun longsor Galian C di Gunung Kuda, Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (26/4/2015). (Baca: Longsor Gunung Kuda, Dua Tewas).

Atas kejadian ini, oknum pengawas dari KUD Bumi Karya, SAR (43), dijadikan tersangka dan ditahan Polres Cirebon, Selasa (28/4/2015). (Baca: Tersangka Longsor Gunung Kuda Kemungkinan Bertambah).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)