10 Universitas Terbaik dan Terpopuler di Bandung

Selasa, 28 April 2015 - 10:15 WIB
10 Universitas Terbaik dan Terpopuler di Bandung
10 Universitas Terbaik dan Terpopuler di Bandung
A A A
SEBAGAI salah satu kota pendidikan, Bandung memiliki sederetan perguruan tinggi yang kualitasnya tidak diragukan lagi. Banyak perguruan tinggi di Bandung terkenal di nasional bahkan internasional.

Berikut ini 10 universitas terbaik dan terpopuler di Bandung versi 4icu.org, sebuah situs yang menyajikan data rangking perguruan tinggi secara mendunia.

Institut Teknologi Bandung (ITB)


Rektor ITB Kadarsah Suryadi mengatakan, pada periode sebelumnya ITB difokuskan sebagai universitas riset. Kini, pihaknya akan menfokuskan hasil riset tersebut dalam sebuah sistem entrepreneurial university. Hal ini berkaitan dengan hasil riset yang diaplikasikan demi kemaslahatan masyarakat dan kaitannya dengan dunia industri.

“Hasil riset ITB tidak hanya akan berorientasi pada publikasi, melainkan juga hasil produk industri yang lebih komersial dan aplikatif untuk kepentingan masyarakat,” tuturnya. Jika sebelumnya sebagai universitas riset ITB dituntut untuk memiliki paten dan publikasi secara internasional, kini ITB memiliki tugas lain.

Menurut Kadarsah, sebagai entrepreneurial universityITB juga dituntut untuk menjadi bagian dari agen perubahan yang berdampak pada ekonomi masyarakat. Untuk itu, ITB harus memiliki misi dalam peningkatan pengajaran dan pembangunan, baik di bidang silmu pengetahuan, seni, dan teknologi.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

UPI dibangun untuk menghasilkan tenaga pendidik yang professional dan memiliki filosofi pendidikan yang kuat. Rektor UPI Sunaryo Kartadinata mengatakan, persoalan tenaga pendidik sangat penting. “Seorang tenaga pendidika harus memahami perkembangan peserta didik secara mendalam, termasuk budaya dan dinamika dunia ini. Akademik konseptual program dan implementasi harus jadi perhatian UPI,” ujarnya.

Sunaryo mengatakan, perlu didesain proses pembelajaran yang unik dan spesifik guna menghasilkan guru yang memiliki jati diri. Di sisi nonpendidikan kini UPI menggunakan konsep penyerbukan silang keilmuan. “Dibangun dengan riset yang hebat dan memberi kontribusi pada pendidikan guru,” tandasnya,

Universitas Padjadjaran (Unpad)

Sebagai salah satu universitas negeri di Kota Bandung, Unpad acap kali mengadakan berbagai kegiatan kebudayaan maupun menunjang pendidikan menuju universitas berkelas internasional.

Universitas Komputer Indonesia (Unikom)

Universitas ini memiliki fokus dalam pengembangan ICT (Information and Communication Technology). Dengan aplikasi yang demikian luas, mahasiswa Unikom diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan-kebutuhan industri, baik dalam bidang penelitian, produksi, maupun ide.

Universitas Kristen Maranatha

Mengembangkan cendekiawan yang handal, suasana yang kondusif dan nilai-nilai hidup yang kristiani sebagai upaya pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam penyelenggaraan Tridharma perguruan tinggi. Dalam rangka mewujudkan visi misi Universitas Kristen Maranatha maka dengan ini Universitas Kristen Maranatha menetapkan tiga nilai hidup Kristiani sebagai dasar untuk semua aktivitasnya dalam bidang pendidikan. Ketiga nilai tersebut adalah Nilai Integritas, Nilai Kepedulian, dan Nilai dalam ranah berelasi, dan Nilai Keprimaan.

Universitas Widyatama

Universitas ini memfokuskan mahasiswanya di bidang businessdan commerce. Menurut Rektor Widyatama, Islahuzzaman, seluruh program studi difokuskan pada kedua bidang tersebut, sekalipun prodinya teknik, bahasa, manajemen, maupun desain. “Visi kami menjadikan yang mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang professional di bidangnya.

Dan dapat beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan teknologi, seni dan mampu bergaul dalam dunia global,” katanya. Selain itu, pihaknya juga memastikan bahwa semua mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup soal kewirausahaan dan memiliki kemampuan dan mampu berkompetensi soal usahanya. Saat ini, pihaknya tengah bekerjasama dengan luar negeri sebanyak 37 perguruan tinggi asing dan terakhir 10 PT di Filipina.

Sebelumnya dari Malaysia, kamboja, korea selatan, china, jepang, philipne, Rumania, vietnam, Pakistan, dan perancis. “Kerja sama tersebut berbentuk kerjasama bidang peneltian, seminar internasional bersama, pertukaran mahasiswa, dan pertukaran dosen pengajar. Targetnya kami ingin menggandeng 60 negara pada 2018 ke depan,” ujarnya. Ke depan Widyatama juga ingin menjadi Teaching University, dimana universitas mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.

Telkom University (Tel-U)

Telkom University (Tel-U) memiliki kekhasan di bidang lain, yakni ICT (Information, Communication, and Technology). Menurut Rektor Tel-U, Mochamad Ashari , pihaknya berkonsentrasi menghasilkan lulusan mahasiswa yang memiliki kemampuan ICT dalam berbagai bidang.

Seperti yang diketahui, Tel-U memiliki beragam program studi, mulai dari teknik, manajemen, vokasi, hingga desain. Akan tetapi Ashari menekankan, semua mahasiswanya harus mampu mengaplikasikan semua ilmu tersebut berbasis ICT. “Perkembang ICT sangat pesat.

Untuk itu kami memfokuskan diri pada pengembangan ICT untuk berbagai profesi dan bidang keahlian.Hal ini yang kami jadikan daya tarik, baik untuk mahasiswa nusantara maupun asing,” tuturnya. Dalam pengembangan kurikulum pun, Tel-U memilih kurikulum yang mampu memicu mahasiswa menjadi seorang entrepreneur.

Hal ini dibuktikan dari diberlakukannya mata kuliah entrepreneurshipdi semua program studi dan akan diberlakukan secara tepat pada tahun 2016. Meski demikian, pelaksanaan mata kuliah entrepreneurship sudah mulai dilaksanakan saat ini, akan tetapi hal itu masih bertahap.

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati

Sebagai salah satu perguruan tinggi islam negeri di Bandung, UIN memiliki visi dalam menyelenggrakan pendidikan berdasarkan nilai-nilai islam yang unggul dan menjadi universitas yang kompetitif. Hal ini diimplementasikan melalui misinya dengan mengelola pendidikan secara professional, akuntabel, dan berdaya saing tingkat nasional maupun internasional. UIN juga tengah menggenjot penelitian dan mengembangkan IPTEK.

Universitas Pasundan (Unpas)

Universitas Pasundan (Unpas). Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang bernaung dibawah Peguyuban Pasundan, Unpas memiliki kekhasan yang kental dengan dunia kebudayaan Jawa Barat. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa di luar provinsi Jabar, termasuk mahasiswa asing.

Meski demikian, Unpas pun bertekad mengenjar standarisasi pendidikan internasional dengan membuka kelas internasional. Rektor Unpas, Eddy Jusuf mengemukakan kelas internasional ini diperuntukan untuk mahasiswa yang dibiayaai oleh pemerintah pusat. Dalam kelas ini mahasiswa menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris dan sistem belajar dengan standar internasional.

“Selama ini kami sudah membuka kelas internasional untuk program studi teknik informatika. Selanjutnya kami akan membuka kelas intrnasional untuk Magister di bidang Managemen,” ungkapnya. Selain memberikan pendidikan yang mumpuni, Eddy menyebutkan, setiap beberapa tahun pihaknya pun membuka program studi baru, sesuai dengan kecenderungan yang dibutuhkan dunia kerja, termasuk industri. Ia menilai, kurikulum yang baik yakni kurikulum yang dekat dengan pengguna dunia kerjanya itu sendiri.

Universitas Islam Bandung (Unisba)

Universitas Islam Bandung (Unisba) memiliki karakteristik pendidikan yang khas dengan mengangkat nilai-nilai islami dalam setiap proses pendidikannya. Rektor Unisba, Thaufiq S. Boesoirie mengungkapkan salah satu kelebihan dari lulusan Unisba yakni mereka memahami konsep-konsep islam dengan baik.

Dari mulai masuk pendidikan, mahasiswa akan dibida dan diberikan pendidikan islam secara internsif melalui pesantren mahasiswa. “Kami juga memasukkan pendidikan agama islam ke semua program studi selama 7 semester,” ujarnya. Pihaknya berharap, mahasiswa lulusan Unisba memiliki karakteristik Mujahid, Mujtahid, dan Mujaddid. Yang artinya, Mujahid diharapkan lulusannya menjadi seorang pejuang yang bekerja keras menghadapi tantangan masa depan dan dunia kerja.

Anne rufaidah
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5917 seconds (0.1#10.140)