Umat Kristiani Ikuti Pawai Taaruf MTQ di Sibolga

Sabtu, 18 April 2015 - 10:56 WIB
Umat Kristiani Ikuti Pawai Taaruf MTQ di Sibolga
Umat Kristiani Ikuti Pawai Taaruf MTQ di Sibolga
A A A
SIBOLGA - Seribuan lebih peserta termasuk umat Kristiani dan agama lainnya, memadati sepanjang Jalan Merpati mengikuti Pawai Ta’aruf, Jumat (17/- 4), untuk menyambut Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Sambas dan Sibolga Selatan tahun 2015.

Perhelatan yang dilaksanakan dua tahun sekali itu dilepas Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk, disaksikan unsur musyawarah pimpinan daerah (muspida), anggota DPRD, para pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Wali Kota Syarfi Hutauruk menuturkan, Pawai Ta’aruf MTQ yang tidak hanya diikuti umat Muslim, tapi juga umat Kristiani dan lainnya itu, merupakan bukti harmonisasi kerukunan umat beragama di daerah ini. “Saya berharap kerukunan ini tetap dijaga dan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang,” kata Syarfi.

Penanggung jawab kegiatan Pawai Ta’aruf dan MTQ tingkat Kecamatan Sibolga Sambas dan Sibolga Selatan, Sahat Simatupang, membenarkan umat Kristiani dan lainnya ikut dilibatkan dalam kegiatan Pawai Ta’aruf MTQ tersebut. Hal yang sama dilakukan pada Pawai Natal umat Kristiani di Kecamatan Sibolga Selatan dan Sambas, yang diikuti umat Muslim.

“Ini sebagai pertanda cermin kerukunan, harmonisasi, dan kebersamaan antarumat beragama di Kecamatan Sibolga Selatan dan Sambas, sebagai daerah berbilang kaum tanpa membeda-bedakan agama,” katanya. Sahat mengungkapkan, setelah pelaksanaan Pawai Ta’aruf MTQ, 48 peserta lomba MTQ yang terdiri dari putra dan putri dewasa, remaja dan anak-anak, akan langsung mengikuti lomba MTQ.

Pertama adalah pembacaan ayat suci Alquran (Tilawah) yang akan diikuti khusus peserta putra-putri dewasa. Keesokan harinya akan dilanjutkan kegiatan perlombaan cerdas cermat yang diikuti peserta anak-anak dan remaja. “Selanjutnya akan diumumkan para juara,” tuturnya.

Para juara MTQ tingkat Kecamatan Sibolga Sambas dan Selatan ini nantinya akan diikutkan pada perlombaan MTQ tingkat kota yang kemungkinan akan diselenggarakan akhir Mei 2015. Dari beberapa pagelaran MTQ tingkat kota, peserta dari Kecamatan Sibolga Selatan menjadi yang diperhitungkan karena sudah enam kali menjadi juara umum.

Jonny simatupang
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7411 seconds (0.1#10.140)