Jembatan Layang Blok Cepu Beroperasi Penuh

Jum'at, 17 April 2015 - 10:30 WIB
Jembatan Layang Blok Cepu Beroperasi Penuh
Jembatan Layang Blok Cepu Beroperasi Penuh
A A A
BOJONEGORO - Jalan utama menuju lokasi lapangan minyak dan gas bumi (migas) Banyu Urip Blok Cepu di Bojonegoro kini telah dialihkan semuanya melalui jembatan layang (flyover ) di Desa Ngraho, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.

Jembatan layang itu berada di atas rel kereta api Bojonegoro- Cepu. Sementara itu, jalan utama sebelumnya yang melintasi rel kereta api di Dusun Tenggor, Desa Sudu, Kecamatan Gayam, kini telah ditutup.

Menurut Community Affairs and Manager PT Tripatra Budi Karyawan selaku pelaksana proyek Banyu Urip, jalan sementara menuju lokasi Blok Cepu yang melewati perlintasan rel ganda kereta api di Dusun Tenggor memang telah ditutup. Sebab, kontrak pemakaian perlintasan kereta api untuk akses keluar masuk kendaraan proyek Banyu Urip itu telah berakhir. “Kontraknya berakhir awal April 2015,” ujarnya.

Budi menjelaskan, sebelumnya kontrak antara Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL) selaku pengelola lapangan minyak Banyu Urip Blok Cepu dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) berlangsung selama tiga tahun mulai 2012 hingga April 2015. Namun, terkait berapa nilai sewa tersebut, dia mengaku tidak tahu karena yang menyewa pihak EMCL. “Sesuai perjanjian awal, begitu selesai langsung dibongkar, sedangkan tanah uruk yang sebelumnya dipakai untuk jalan dikembalikan seperti sedia kala,” ujarnya.

Sementara itu, Field Public and Goverment Affairs Manager EMCL Rexy Mawardijaya mengatakan, saat ini akses utama ke proyek Banyuurip Blok Cepu adalah melalui jembatan layang (flyover ) yang masuk wilayah Desa Ngraho, Kecamatan Gayam. “Akses lama itu hanya bersifat sementara,” ucap Rexy.

Saat ini jembatan layang itu terlihat ramai dilalui kendaraan, seperti truk pengangkut material dan mobil karyawan. Tampak sejumlah pengatur lalu lalang kendaraan yang masuk ke jembatan layang berjaga di pos pantau di sebelah timur dan barat pintu masuk jembatan. Sementara itu, beberapa pekerja tampak menyelesaikan pengerjaan plengsengan beton di sepanjang kaki jembatan.

Muhammad roqib
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7173 seconds (0.1#10.140)