Keris Pusaka Milik Museum Digondol Maling

Selasa, 14 April 2015 - 20:01 WIB
Keris Pusaka Milik Museum Digondol Maling
Keris Pusaka Milik Museum Digondol Maling
A A A
MANADO - Dua buah keris pusaka di Museum Dinas Pariwista dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jalan WR Supratman No72, Kota Manado, digondol maling.

Security Disparbud Safruddin Abdullah (36) saksi mata mengatakan, pelaku pencuri benda pusaka itu adalah bocah 12 tahun berinisial VL, warga Kelurahan Lawangirung, Lingkungan V, Kecamatan Wenang, Manado.

"Saya memang mencurigai anak itu (pelaku) karena kerap bermain di sini. Ternyata betul saja dia yang mengambilnya," kata saksi, Selasa (14/4/2015).

Informasi yang dihimpun di TKP, pelaku masuk ke museum melalui jendela belakang, pada Sabtu 11 April 2015 atau saat hari libur.

Pada Senin pagi 13 April 2015 peristiwa itu baru diketahui saat Security Safruddin memeriksa ruangan.

"Menurut pelaku, dia masuk melalui jendela belakang dan mengaku hanya satu buah keris yang dia curi, bukan dua. Padahal yang hilang ada dua," ujar Safruddin.

Dijelaskan Safruddin, awalnya tidak mencurigai pelaku. Namun yang membuat heran, saat bertemu pelaku usai kejadian itu, tingkahnya tidak seperti biasanya.

"Pelaku yang biasanya setiap kali ketemu sama saya orangnya baik, tapi tiba-tiba berubah sifat dan selalu menghindar," jelasnya.

Karena kecurigaan Safruddin, dirinya pun mencari pelaku dan mendatangi rumahnya. Betul saja pelaku yang mengambil dan menyerahkan satu buah keris yang dicurinya.

"Pelaku sudah mengaku dan keris itu sudah dikembalikan ke museum," ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan, tim identifikasi Polresta Manado sudah melakukan olah TKP.

"Untuk perkembangan sementara dari hasil penyelidikan nama pelaku sudah dikantongi, namun keris yang satunya itu belum ditemukan/masih dalam proses penyelidikan," ungkap polisi.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7238 seconds (0.1#10.140)