4 Pusaka Soeharto yang Dipercaya Mempunyai Kesaktian

Rabu, 13 Desember 2023 - 10:42 WIB
loading...
4 Pusaka Soeharto yang Dipercaya Mempunyai Kesaktian
Presiden Soeharto. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Setidaknya ada empat pusaka Soeharto yang dipercaya mempunyai kesaktian. Sebagai seorang pemimpin negara, Soeharto dikenal memiliki karisma dan kewibawaan yang terpancar.

Pusaka merupakan istilah untuk benda atau barang yang dianggap memiliki nilai keramat. Benda pusaka juga memiliki nilai simbolis atau historis bagi budaya tertentu.

Berikut sejumlah pusaka Soeharto yang dipercaya memiliki kesaktian.

Pusaka Soeharto yang Dipercaya Punya Kesaktian


1. Senjata Tajam


Salah satu benda pusaka yang dimiliki oleh mantan Presiden Indonesia ini adalah senjata tajam. Diketahui, Soeharto memiliki beberapa jenis benda puasa berupa senjata tajam yang dikenal sakti.



Salah satu senjata tajam pusaka yang dimiliki Soeharto adalah pedang sabet dan pedang tusuk yang terdiri dari berbagai jenis dan ukuran.

Tak hanya itu, Soeharto juga diketahui memiliki senjata tombak yang bernama Kyai Singo Lodra. Bahkan, senjata Kyai Singo Lodra ini dianggap memiliki khodam di dalamnya.

2. Keris


Keris adalah jenis benda pusaka paling umum yang biasa diwariskan oleh para leluhur. Biasanya keris menjadi benda yang menyimpan kesaktian. Mantan Presiden RI ke-2 ini juga memiliki sederet keris di koleksi benda pusakanya.



Soeharto mempunyai sejumlah keris yang memiliki reputasi kekuatan magis yang sangat kuat. Salah satunya adalah keris Tilam Upih dan keris Keluk Kemukus yang konon bisa membuat pemiliknya menghilang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)