6 Nisan Kuno di Pasar 16 Ilir Hebohkan Warga, Diduga Dari Kesultanan Palembang

Jum'at, 28 Januari 2022 - 09:10 WIB
loading...
6 Nisan Kuno di Pasar 16 Ilir Hebohkan Warga, Diduga Dari Kesultanan Palembang
Penemuan enam nisan kuno di kawasan Pasar 16 Ilir, menghebohkan warga Kota Palembang. Foto/iNews TV/Erwin Setiawan
A A A
PALEMBANG - Penemuan enam nisan kuno bertuliskan huruf Arab, menghebohkan warga Kota Palembang. Nisan-nisan kuno tersebut, ditemukan saat dilakukan penggalian di kawasan Pasar 16 Ilir, untuk kepentingan pembangunan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL).

Baca juga: Arkeolog Temukan Patung Kayu Berusia 2.000 Tahun dari Zaman Romawi di Inggris

Dugaan sementara, nisan kuno itu berasal dari Kesultanan Palembang Darussalam, yang kental dengan kerajaan melayu. Hal ini dilihat dari masa yang tertulis, yakni abad ke 18 dan awal abad 19 masehi.



Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, masih menunggu zuriat dan catatan sejarahnya. "Pada nisan kuno itu juga ada nama dan tahunnya. Kami harapkan, akan dapat mengungkap asal usul atau sejarah nisan kuno itu," tuturnya.

Baca juga: Viral! Bule Cantik Australia Dinikahi Pria Sidoarjo



Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Agus Rizal mengatakan, saat ini nisan-nisan kuno tersebut ditempatkan di Museum Sultan Mahmud Badarudin II Kota Palembang, sambil menunggu proses pengkajian sejarahnya.

Baca juga: Temuan Puluhan Ribu Batang Tanaman Ganja Menggemparkan Madina

"Kami masih menunggu hasil kajian dari arkeolog dan BRIN, untuk mengetahui secara pasti sejarahnya. Apabila ada keturunannya dan menginginkan dipindahkan makamnya, maka akan kami pindahkan. Tetapi kalau tidak, nantinya bisa ditempatkan di museum," ungkapnya.
(eyt)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2943 seconds (11.97#12.26)