4G LTE Dukung Medan Menuju Kota Modern

Senin, 13 April 2015 - 11:14 WIB
4G LTE Dukung Medan Menuju Kota Modern
4G LTE Dukung Medan Menuju Kota Modern
A A A
MEDAN - Teknologi internet super cepat, 4G LTE (long term evolution ) resmi diluncurkan Telkomsel secara komersial di Kota Medan, kemarin.

Kehadiran Telkomsel 4G LTE ini diharapkan dapat meningkatkan layanan Pemko Medan melalui penerapan teknologi komunikasi dan meningkatkan produktivitas, seperti meningkatkan promosi wisata dan lainnya.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, mengungkapkan, kehadiran Telkomsel 4G LTE di Kota Medan tidak hanya agar dinikmati, namun juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas dan mendukung visi Pemko Medan yang ingin menjadi kota modern, dimana salah satu indikatornya adalah penerapan teknologi terkini.

Medan merupakan kota kelima yang telah memiliki jaringan Telkomsel 4G LTE secara komersial, setelah Jakarta, Bali, Surabaya, dan Bandung. Menurut Ririek, Medan sengaja dipilih sebagai kota kelima, karena ibu kota Provinsi Sumut ini terus mengalami pertumbuhan dari segi layanan data. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan pelanggan data Telkomsel di Kota Medan yakni mencapai 63,5% selama 2014.

Demikian juga dari sisi konsumsi penggunaan, terjadi peningkatan cukup signifikan, mencapai 172%. Dari sisi geografis, Kota Medan dekat dengan Singapura. Ada banyak headset 4G didatangkan dari Singapura. Jarak geografis yang dekat itu bisa menguntungkan bila dilihat dari sisi bisnis,” ujar Ririek saat peresmian Telkomsel 4G LTE di Lapangan Merdeka, Medan, kemarin.

Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan di Kota Medan menikmati jaringan 4G, Telkomsel membangun 140 eNode B yang mencakup hampir 100% Kota Medan, di antaranya di Lapangan Merdeka, Istana Maimun, Bandara Internasional Kualanamu, Sun Plaza, Plaza Medan Fair, Millenium Plaza, Centre Point, dan Universitas Sumatera Utara (USU).

Sementara itu, Wali Kota Medan, DzulmiEldin, yangturut menghadiripeluncuranTelkomsel 4G LTE berharap dengan hadirnya layanan ini dapat meningkatkan pelayanan kepada publik lewat penerapan teknologi informasi dan komunikasi berkualitas tinggi. “Info-nya, kecepatan layanan 4G bisa tiga kali lebih cepat dibandingkan 3G,” katanya.

Eldin mengucapkan terima kasih kepada Telkomsel karena telah menjadikan Kota Medan sebagai kota pertama di Sumut yang dapat menikmati layanan Telkomsel 4G LTE. Dengan adanya Telkomsel 4G LTE juga diharapkan dapat memudahkan Pemko Medan mempromosikan wisata heritage , kuliner, dan lainnya.

“Pemko Medan sangat mendukung hadirnya Telkomsel 4G LTE ini. Sebab, dengan adanya Telkomsel 4G LTE tersebut, Pemko Medan dengan mudah mempromosikan wisata kota, kuliner, dan lainnya lewat dunia maya,” paparnya.

Peresmian Telkomsel 4G LTE dirangkaikan dengan berbagai kegiatan menarik, di antaranya fun run yang diikuti ribuan pelanggan setia Telkomsel, senam bersama, dan hiburan dari band The Changcuters. Di acara tersebut, Telkomsel juga meresmikan EduTainment, taman digital pertama di Kota Medan yang diciptakan sebagai cyber landmark .

Taman ini dibangun di lokasi strategis di Lapangan Merdeka Medan dengan fasilitas Wi-Fi Flash Zone dengan kecepatan hingga 100 Mbps.

Dicky irawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4887 seconds (0.1#10.140)