Gali Potensi Pangan Lokal

Sabtu, 11 April 2015 - 10:28 WIB
Gali Potensi Pangan Lokal
Gali Potensi Pangan Lokal
A A A
KULONPROGO - Rangkaian Jambore Siaran Nasional (Jamsinas) 2015, siang kemarin, dilaksanakan di Kawasan Waduk Sermo. Mereka menggelar Temu Wicara bertemakan kemandirian pangan nasional dan persoalannya. Hadir sebagai narasumber, Wakil Bupati (Wabup), Sutedjo; dan Dirut LPP RRI, Rosalita Niken Widiastuti.

Wabup Kulonprogo, Sutedjo, mengajak peserta untuk bisa menggali potensi pangan lokal. Sebab, perkembangan penduduk dunia tidak sebanding dengan produktivitas pangan. Untuk itulah perlu memanfaatkan bahan pangan lokal yang bisa mendukung ketahanan pangan. “Sejak ada aliran irigasi dari sungai, produksi pangan di Kulonprogo terus meningkat,” ucap Sutedjo.

Direktur InProSuLA, Sarijo, menekankan pentingnya informasi yang benar terkait ketersediaan pangan dan kebutuhan pangan. Untuk mewujudkan kemandirian pangan nasional ini, distribusi kerap jadi kendali karena informasi yang tidak jujur. Dicontohkannya, di Kulonprogo angkanya surplus 38.000 ton beras selisih antara produksi dan konsumsi. Namun, posisi dan lokasi surplus beras ini tidak jelas.

“Ketersediaan pangan dan kebutuhan pangan harus didukung informasi yang benar,” kata Sarijo. Sementara Dirut LPP RRI, Rosalita, mengatakan, melalui Temu Wicara ini RRI ingin mengambil peran mengajak seluruh masyarakat untuk peduli agar Indonesia menjadi negara yang berdaulat dalam ketahanan pangan.

Dalam Jamsinas ini, wabup beserta dirut LPP RRI juga menebar benih ikan di Waduk Sermo. Dirut LPP RRI juga melaksanakan sedekah buku yang disalurkan ke Perpustakaan Desa Hargowilis dan Hargotirto, Kecamatan Kokap, sebanyak 250 buku.

Kuntadi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8286 seconds (0.1#10.140)