Pernikahan Bawah Usia Ideal Capai 20 Persen di Pangandaran

Selasa, 07 April 2015 - 11:58 WIB
Pernikahan Bawah Usia Ideal Capai 20 Persen di Pangandaran
Pernikahan Bawah Usia Ideal Capai 20 Persen di Pangandaran
A A A
PANGANDARAN - Selama 2014-2015 terjadi 3.077 pernikahan di Kabupaten Pangandaran. Dari jumlah tersebut 20 persen diantaranya pernikahan di bawah usia ideal.

"Usia ideal pernikahan untuk pria diatas 25 tahun dan Wanita 20 tahun. Namun di Pangandaran yang melakukan pernikahan di bawah usia ideal tercatat sebanyak 20 persen," kata Saepuloh, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak Pangandaran.

Untuk mengantisifasi hal tersebut, pihaknya tengah melakukan sosialisasi program Penangguhan Usia Perkawinan (PUP) dengan target sasaran pelajar SMA se-Kabupaten Pangandaran.

"Kita berikan pemahaman kepada pelajar agar setelahnya mereka tamat dari bangku sekolah tidak langsung menikah," ujar Saepuloh.

Selain itu juga upaya agar sosialisasi PUP ini berhasil, pihaknya melakukan koordinasi dengan pihak Kantor Urusan Agama (KUA) di sepuluh kecamatan.

Supaya jika ada calon pendaftar yang hendak menikah tapi usianya di bawah ideal, dapat memberikan pemahaman penangguhan pernikahan.

"Apabila calon pendaftar masih tetap untuk melaksanakan pernikahan maka pihak KUA akan memberi pengarahan kepada pendaftar pernikahan supaya melakukan Penangguhan Anak Pertama (PAP), dengan cara ikut serta program Keluarga Berencana (KB)," jelas Saepuloh.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6098 seconds (0.1#10.140)