Okupansi Penumpang Kereta 100% Lebih

Senin, 06 April 2015 - 11:22 WIB
Okupansi Penumpang Kereta 100% Lebih
Okupansi Penumpang Kereta 100% Lebih
A A A
YOGYAKARTA - Libur perayaan Paskah membawa berkah bagi industri pariwisata di Yogyakarta, termasuk jasa angkutan darat dan udara.

Untuk kereta api, okupansi penumpang yang diberang kat kan dari wilayah Daop 6 Yog ya kar ta pada arus balik libur panjang kemarin mengalami lonja kan. Bahkan, lebih dari 100% ham pir di semua rute perja lan an jum lah itu tak biasa terjadi seperti pada liburan akhir p e kan biasanya. Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta Gatut Sutiyatmoko mengatakan, jumlah tempat du duk di semua kereta api yang di berangkatkan dari wilayah Yog ya karta penuh pada akhir pekan ini.

Bahkan dari data beberapa hari lalu, pada pemberangkatan Minggu (5/4) sebagian besar KA jumlah penumpangnya le bih dari 100%. “Untuk akhir pe kan biasa penumpang rata-rata sampai 90%, tapi ini sampai ada yang melebihi 100%,” ungkapnya, kemarin. Sebagaimana terlihat dari data yang ada untuk beberapa kereta. KA Argolawu misalnya, jumlah penumpang mencapai 101%, KA Argo Dwipangga 103%, KA Taksaka Pagi 104%, KA Taksaka Malam 103%, KA Progo 107%, KA Sri Tanjung 117%, dan KA Malioboro Ekspres Malam 102%.

Jumlah okupansi itu bisa sampai melebihi dari 100% karena ada penum pang infant atau anak-anak di bawah tiga tahun. Meski mereka duduk dipangku orang tuanya, tapi tetap terhitung sebagai penumpang. Hanya untuk tiket infant itu tidak ditarik biaya.

Penerbangan Adisutipto Naik 12%

Sementara aktivitas penerbangan di Bandara Inter na sional Adisutjipto Yogyakarta pada libur Paskah ini tetap berjalan normal. Tidak ada penambahan penerbangan dari mas kapai. Kendati demikian, untuk penumpang diperkirakan ada peningkatan 12-15% diban dingkan dengan hari biasa. General Affair and Commu ni ca tion Head Section PT Angkasa Pu ra I Ban dara Internasional Adi sutjipto Yogyakarta, Edwin Wi bowo mengatakan, untuk libur Paskah secara umum penerbang an di Adisutjipto berjalan seperti hari reguler. “Un tuk penerbangan normal (tak ada extra flight),” ungkap Ed win, kemarin.

Edwin menjelaskan, untuk akhir pekan jumlah kedatangan penumpang di Adisutjipto ratarata 12.000 orang. Staf General Affair and Communication Head Section PT An g kasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Andhika menambahkan, secara umum ada peningkatan pe - numpang 12–15% pada libur Paskah ini.

Muji barnugroho/ priyo setyawan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7445 seconds (0.1#10.140)