Jalan Lintas Memprihatinkan

Senin, 06 April 2015 - 11:13 WIB
Jalan Lintas Memprihatinkan
Jalan Lintas Memprihatinkan
A A A
BATURAJA - Kondisi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan kembali rusak parah, meskipun baru selesai diperbaiki beberapa waktu lalu.

Pantauan di lapangan, kerusakan tersebut terjadi persis di depan Apotik K-24 Baturaja, yang terletak tidak jauh dari Jalan Tihang Baturaja. “Sudah hampir sepekan jalaniturusak.Awalnyasempat diperbaiki, tetapi sekarang rusak lagi,” kata Sugiono,30, warga Jalan Tihang. Hendra mengatakan, kerusakan itu diduga terjadi akibat JalanLintas Sumatera Baturaja tersebut sering digenangi air. Karena tidak dilengkapi saluran pembuangan yang memadai, air pun menggenang ke jalan dan mempercepat terjadinya kerusakan jalan.

“Jadika lauhujan deras, jalan itu langsung digenangi air selamaberhari-hari,” ungkapnya. Menurut dia, kerusakan itu sendirimembuat arus lalulintas kendaraan diJalinsum Baturaja menjadi terhambat, karena setiap kendaraan melintas mesti ekstra hati- hati. “Lubangnya besar-besar, sehingga kalau tidak hati-hati mobilbisa terbalik,” bebernya. Kondisi itu semakin parah saat hujanmengguyurwilayah Kota Baturaja, sebab bagi pengemudi tak terbiasa melintas di Jalinsum tersebut bisa di pastikan bakal terjebak di dalam lubang besar sedalam hampir 30 sentimeter yang digenangi air.

“Sayabingungkenapauntuk wilayah OKU, ini pemerintah provinsi terkesan tutup mata terhadap kerusakan jalannya. Padahal, sebagian besarJalinsum OKU, saat ini kondisinya sudah memprihatinkan, banyak berlubang akibat sering dilewati truk batu bara berbobot di atas 30 ton,” katanya. Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga setempatHelman, saat dikonfirmasi via telepon selulernya membenarkan bahwa saat ini Jalinsum Baturaja tersebut kondisinya sudah memprihatinkan.

“Kami sudah menurunkan tim untuk mengecek ke lokasi. Ternyata di wilayah itu tak ada saluran airnya, sehingga jalan negara tersebut sering digenangi air hujan, dan akibatnya jalan menjadi mudah rusak,” katanya. Helman menambahkan, pihak nya sudah melaporkan ke - ru sakan tersebut ke provinsi dan berharap dalam waktu dekatsegeradiperbaiki. “Jika didiamkan, maka saya khawatirJalinsum OKU, akan putus total, sebab jalan itu merupakan akses utama menuju Martapura-Bandar Lampung,” ujarnya.

Ibrahimarsyad
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5197 seconds (0.1#10.140)