Akses ke Garut Selatan Nyaris Putus

Senin, 23 Maret 2015 - 22:00 WIB
Akses ke Garut Selatan Nyaris Putus
Akses ke Garut Selatan Nyaris Putus
A A A
GARUT - Akses menuju wilayah Garut Selatan terancam terputus. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut mendata sedikitnya lima dari 30 titik jalur rawan terancam putus akibat longsor dan ambles.

Satu titik jalur yang kondisinya memprihatinkan terletak di Kampung Badega, Desa Cipangramatan, Kecamatan Cikajang. Nyaris setengah badan jalan di titik ini ambles dengan panjang sekira enam hingga delapan meter.

"Sementara kedalaman dari atas jalan ke bawah itu kurang lebih 12 meter. Jalannya ambles akibat abrasi dan longsor pada saat hujan deras di Januari 2015 lalu," kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Garut TB Agus, Senin (23/3/2015).

Untuk menghindari kecelakaan, BPBD dan instansi terkait telah memasangi rambu-rambu di titik tersebut. Beberapa drum juga dipasang sekitar di pinggir jalan sebagai pembatas bagi kendaraan yang melintas.

Masyarakat sekitar pun ikut membantu kendaraan yang melintasi jalur ini. Mereka memberlakukan sistem buka tutup jalur, karena peristiwa tanah ambles di lokasi itu hanya tinggal menyisakan setengah badan jalan.

"Saat jalan di titik itu ambles, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Kabupaten Garut. Mereka menjawab jalur itu bukan kewenangannya, melainkan kewenangan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat," ujarnya.

Selain di lokasi tersebut, setidaknya masih terdapat empat titik lain jalan yang terancam terputus di antara jalur Cikajang-Cisompet.

Selain itu, ada dua titik yang terancam abrasi Sungai Cisanggiri, yaitu satu masuk wilayah Kecamatan Cikajang, sementara satu lagi masuk wilayah Kecamatan Cihurip. Sementara, dua titik lainnya ada di kawasan Gunung Gelap, Kecamatan Cisompet.

"Dua titik di Cisompet ini terancam putus oleh longsoran tebing. Secara keseluruhan, ada 30 titik jalan yang rawan terputus. Terlepas dari kapan pelaksanaan penanganannya, kami sudah memberikan informasi kepada Dinas Bina Marga dan memasangi rambu-rambu peringatan untuk masyarakat pengguna jalan."

Terpisah, Kabid Bintek Dinas Bina Marga Kabupaten Garut Jujun melalui pesan singkatnya mengatakan, jalur Cikajang-Cisompet yang nyaris terputus itu berstatus jalan provinsi.

"Jalur Cikajang-Cisompet adalah jalan provinsi. Kantor workshopnya di wilayah Kecamatan Bayongbong."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6618 seconds (0.1#10.140)