Kantor DPRD Tebing Masih Numpang

Sabtu, 21 Maret 2015 - 10:24 WIB
Kantor DPRD Tebing Masih Numpang
Kantor DPRD Tebing Masih Numpang
A A A
TEBINGTINGGI - Ternyata hingga kini gedung dan ruang kerja anggota DPRD Kota Tebingtinggi masih menumpang pada aset milik Pemko Tebingtingg. Persisnya berada di sebelah kantor wali kota dan sekretariat pemerintah kota di Jalan Sutomo.

Aktivis LSM Pemerhati Warga Kota (Pewarta) Tebingtinggi, Ganefo Tan, mengatakan, dengan kondisi itu dapat diduga keseriusan anggota DPRD dalam menjalankan fungsi sebagai lembaga kontroling dan legislasi tidak dapat berjalan secara efektif dan efisien. Terutama saat mengambil sikap menyangkut penggunaan dana APBD.

Lemahnya fungsi kinerja anggota Dewan terhadap lembaga eksekutif, bisa saja dikarenakan kantornya masih menumpang satu atap dengan kantor wali kota. Jadi, DPRD tidak dapat leluasa bekerja. "Apabila kantor wali kota dan DPRD terus berdampingan dan satu atap, dapat dimungkinkan kinerja antara kedua belah lembaga tersebut akan terganggu dan tidak berjalan maksimal," ucapnya, kemarin.

Untuk menghilangkan citra negatif serta membangun kewibawaan lembaga legislatif, sebaiknya keberadaan kantor DPRD Tebingtinggi dipisah dari kantor wali kota dan dibangun tersendiri di lokasi lain. Menanggapi hal itu, Sekretaris DPRD Tebingtinggi, Mukhtar Harahap, mengakui bahwa keberadaan kantor DPRD memang masih menumpang di lahan lokasi kantor wali kota.

Segala sesuatu yang menyangkut renovasi gedung, pembiayaan, dan pengadaan fasilitas kantor lainnya, semua itu diadakan oleh pemko. "Sebenarnya dalam beberapa tahun lalu, keberadaan kantor DPRD akan dibangun tersendiri di Pinkra (kini taman kota), tetapi entah bagaimana pelaksanaan pembangunannya hingga kini belum terwujud," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Tebingtinggi, M Hazly Azhari Hasibuan, menyebutkan, terkendalanya pembangunan kantor DPRD karena permasalahan lahan. Sebab, hingga kini belum ada penempatan kondisi lahan yang tepat untuk pembangunan kantor DPRD.

Perayudi syahputra
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5261 seconds (0.1#10.140)