Pemprov Sumut Bangun Dua Masjid di Pulau Nias

Minggu, 15 Maret 2015 - 10:39 WIB
Pemprov Sumut Bangun Dua Masjid di Pulau Nias
Pemprov Sumut Bangun Dua Masjid di Pulau Nias
A A A
MEDAN - Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho melakukan peletakan batu pertama pembangunan Mesjid Al Falaq di Teluk Bengkuang Kecamatan Sawo, Nias Utara, Sabtu(14/3).

Masjid itu dibangun dengan dana sebesar Rp330 juta yang bersumber dari infak jamaah haji 2013 senilai Rp273.677.000 dan infak PNS PemprovsusenilaiRp56.323.000 yang dikumpulkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumatera Utara. Dalam peresmian pembangunan masjid tersebut, Gatot mengajakpara orangtuamembekali anak dengan iman dan takwa juga ilmu pengerahuan dan teknologi.

Untuk memenuhi bekalitu, Gatotberharapmesjiddan madrasah dimanfaatkan sebaikbaiknya. “Kalau kita ingin mencapai dunia, harus dengan ilmu. Dan bila kita ingin mencapai kebahagiaan akhirat juga dengan ilmu. Apabila kita ingin mencapai keduanya, dunia dan akhirat juga dengan ilmu.

Apabila keluargakeluarga di Nias punya prinsip seperti itu, Insya Allah daerah ini akan maju,” ujar Gatot. Sehari sebelumnya, Gatot juga meletakkan batu pertama pembangunan Agung Al Uswah di Desa Tetesua Kecamatan Sirombu, Nias Barat. Pembangunan mesjid dengan biaya Rp350 juta tersebut juga berasal yang bersumber infak jemaah haji 2014 dan PNS Muslim di lingkungan Pemprovsu.

Usai meresmikan pembangunan, Gubsu kemudian didaulat menjadi khatib dan imam salat Jumat. Dalam tausiahnya, Gubsu mengulas ketakwaan. Usai menjadi imam, Gubenur juga sempat berdiskusi bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Nias Barat di mesjid tersebut.

Ketua Baznas Sumut, Amansyah Nasution, mengungkapkan bahwa pembangunan masjid tersebut merupakan bagian dari program unggulan Sumut Taqwa. Untuk Mesjid Agung Al Uswah dialokasikan dana sebesar Rp350 jutayangberasaldari infakjamaah haji 2014 sebesar Rp281.760.500 dan infak PNS Pemprovsu sebesar Rp68.239.500.

Amansyah menjelaskan, tahun ini pihaknya menyalurkan dana untuk pembangunan 5 Mesjid yang berlokasi di Nias Barat, Taput, Samosir, Dairi dan Nias Utara. Dalam peresmian Gubernur didampingi Kepala Bappeda Arsyad Lubis, Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman Binsar Situmorang, Kepala Dinas Bina Marga Effendi Pohan.

Fakhrur rozi
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9294 seconds (0.1#10.140)