Belum Konsisten

Selasa, 10 Maret 2015 - 09:24 WIB
Belum Konsisten
Belum Konsisten
A A A
SURABAYA - Persebaya Surabaya segera harus berkaca diri. Mengandalkan kekuatan amunisi muda, tak selamanya bisa tampil perkasa. Sebaliknya, konsistensi menjadi kelemahan utama saat ini.

Pelajaran berharga didapatkan Persebaya dalam dua laga uji coba di Jawa Tengah. Tim berjuluk Bledug Ijo yang dihuni pemain muda tampil tidak stabil.

Seusai menang telak di laga pertama melawan Persip Pekalongan 5-1, penampilan Otavio Dutra dkk merosot tajam di laga kedua menghadapi PSCS Cilegon setelah hanya mampu bermain imbang tanpa gol. Padahal, dua lawan itu sejatinya berada di bawah level Persebaya karena berstatus tim Divisi Utama. “Setelah kembali ke Surabaya, kami evaluasi kelemahan selama dua kali uji coba kemarin. Memang, kami belum konsisten,” ujar Pelatih Persebaya Ibnu Grahan.

Ibnu mengakui para pemainnya terkesan terburu-buru dalam membongkar pertahanan lawan yang bermain disiplin. “Salah satu kelemahan yang terlihat memang anak-anak kurang sabar menghadapi lawan yang lebih bertahan dan punya daya juang tinggi seperti PSCS, “ ucapnya. Sejak awal, keputusan manajemen Persebaya lebih banyak mengandalkan pemain muda musim ini bisa membawa dampak kurang baik. Salah satunya kebiasaan pemain muda terlalu cepat puas dan terburu-buru dalam melakukan serangan.

“Sebenarnya kami memiliki banyak kesempatan di depan gawang PSCS, tapi tidak berbuah gol karena kurang tenang dan terburu-buru menyelesaikan peluang. Waktu yang ada ini akan kami upayakan agar kelemahan tim bisa diminimalkan,” ucap mantan pemain Persebaya era 1990-an ini. Dalam pertandingan yang diselenggarakan di Stadion Wijayakusuma, Cilacap, Minggu (8/3) sore, Ibnu menurunkan duet penyerang Rudi Widodo dan Emile Mbamba sejak menit pertama.

Sementara pemain seleksi asal Korea Selatan Kim Young-hoo, baru diberi kesempatan pada paruh kedua. Terkait siapa dari dua pemain asing ini, yang akan direkrut Persebaya, Ibnu masih belum bicara. “Setelah sampai Surabaya akan kami putuskan siapa di antara dua pemain ini yang kami ambil,” katanya.

Tim Persebaya baru tiba kembali di Surabaya, siang kemarin, melalui perjalanan darat dari Cilacap. Rencananya, Persebaya baru akan berlatih kembali Rabu (11/3).

Rahmat tomy
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5064 seconds (0.1#10.140)