Pengadaan 10 Mobdin Dewan Telan Rp2,5 Miliar

Sabtu, 07 Maret 2015 - 10:24 WIB
Pengadaan 10 Mobdin Dewan Telan Rp2,5 Miliar
Pengadaan 10 Mobdin Dewan Telan Rp2,5 Miliar
A A A
KARANGANYAR - Pengadaan 10 mobil dinas (mobdin) bagi ketua komisi dan fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karanganyar menelan dana Rp2,5 miliar.

Kemarin, Pemkab secara resmi menyerahkan kendaraan jenis Toyota Innova tersebut ke legislator. Pengadaan 10 unit mobdin tersebut dilakukan melalui proses lelang terbuka. Hasilnya, pemkab melakukan efisiensi sekitar Rp198 juta dari total pagu anggaran dalam APBD Rp2,8 miliar.

Spesifikasi Toyota Innova untuk menggantikan mobdin sebelumnya disesuaikan dengan mobilitas anggota Dewan. “Mobil dinas sebelumnya jenis Mutsubishi dan Toyota Kijang tipe lama pengadaannya dilakukan pada 2003 lalu. Jadi memang sudah waktunya diganti,” kata Kepala Unit Lelang dan Pengadaan (ULP) Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar Ali Gufron kemarin.

Mobdin lama akan dilihat kondisi fisiknya. Jika masih layak dipakai akan didistribusikan ke satuan kerja (satker). Sebaliknya, jika tidak efisien untuk digunakan, mobdin tersebut akan dihapus dari neraca aset melalui penjualan dengan sistem lelang. “Idealnya mobdin yang telah berusia 10 tahun ke atas memang harus dilelang. Tahun ini ada beberapa kendaraan yang akan dijual tapi masih dalam tahap inventarisasi,” ungkapnya.

Menurut Ketua DPRD Karanganyar Sumanto, pengadaan 10 mobdin baru itu masih wajar. Itu karena mobdin lama sudah tidak efisien karena biaya pemeliharaannya cukup mahal dan sebagian kondisinya telah rusak. “Dibutuhkan kondisi sempurna guna mendukung tugas legislator,” tandas Sumanto.

Ary wahyu wibowo
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8765 seconds (0.1#10.140)