AS Tawarkan Kerja Sama Pengolahan Air Bersih

Rabu, 04 Maret 2015 - 10:04 WIB
AS Tawarkan Kerja Sama Pengolahan Air Bersih
AS Tawarkan Kerja Sama Pengolahan Air Bersih
A A A
MEDAN - Amerika Serikat (AS) siap membantu Pemerintah Kota (Pemko) Medan membangun pengolahan air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga.

Rencananya, pengolahan air bersih itu akan dibangun di kawasan bagian utara Kota Medan. Jika tidak memanfaatkan air laut, kemungkinan menggunakan air danau sebagai bahan bakunya. Pejabat Diaspora Republik Indonesia (RI) di Amerika Serikat, Andi Siahaan menyampaikan keinginan kerja sama itu saat berkunjung ke Balai Kota Medan, Senin (2/3) lalu.

Andi diterima Wali Kota Medan Dzulmi Eldin yang didampingi Asisten Pemerintahan Musadat Nasution, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) M Husni, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Syafrizal Arif, Kepala Badan Penanggulan Bencana Dae-rah (BPBD) Hana Lore Simanjuntak dan Kepala Bagian Hubungan Kerja Sama M Rivai Nasution.

Andi menjelaskan, kunjungan ini dilakukan dalam rangka untuk mempercepat realisasi sister city antara Kota Medan dengan Kota Milwaukee, AS. Jika hubungan sister city ini terealisasi, banyak program yang ditawarkan untuk dikerjasamakan, di antaranya pengolahan air bersih, bidang pendidikan.

“Untuk pengolahan air bersih, kami memiliki teknologi yang cukup canggih sehingga bisa mengolah air laut menjadi air bersih dan layak konsumsi. Jika hubungan sister city ini terwujud, kami siap menawarkan kerja sama untuk pengolahan air bersih dengan Pemko Medan,” katanya.

Di bidang pendidikan, AS juga siap menawarkan kerja sama. Menurut pria kelahiran Pematangsiantar yang sudah menjadi warga negara AS ini, pendidikan sangat penting, terutama dalam mengatasi masalah kemiskinan. Jika pendidikan maju, kesejahteraan akan menanti.

“Jadi kedatangan saya ini ingin untuk mempercepat proses sister city antara Kota Medan dengan Milwaukee. Semua hasil pertemuan yang dilakukan ini akan saya sampaikan langsung kepada Pemerintah Kota Milwaukee karena seluruh pejabatnya sangat mendukung dilakukannya kerja sama sister city ini,” ungkapnya. Wali Kota Medan Dzulmi Eldin berharap secepatnya terwujud sehingga sejumlah kerja sama yang ditawarkan dapat terealisasi, terutama pengolahan air bersih.

“Lokasi yang kami tawarkan di bagian utara Kota Medan. Di tempat itu kita bisa menggunakan air laut maupun air danau sebagai bahan bakunya. Semoga kerja sama ini terealisasi, sehingga kita bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan pasokan air bersih,” ucapnya.

Lia anggia nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7175 seconds (0.1#10.140)