Citilink Layani Surabaya-Jeddah

Kamis, 26 Februari 2015 - 12:14 WIB
Citilink Layani Surabaya-Jeddah
Citilink Layani Surabaya-Jeddah
A A A
SURABAYA - Maskapai penerbangan Citilink melebarkan sayap usahanya ke negara lain. Maskapai yang terkenal dengan biaya murah ini membuka penerbangan umrah Surabaya-Jeddah mulai 8 Maret 2015.

Dalam penerbangan ini, Citilink akan terbang keJeddah sebanyak tiga kali dalam seminggu dari Surabaya. Penerbangan ini melengkapi ekspansi yang dilakukan terdahulu di Jakarta. “Citilink melengkapi ekspansi bisnis untuk melayani masyarakat Jawa Timur (Jatim) yang ingin melaksanakan ibadah umrah ke Arab Saudi,” kata VP Coroporate Communications Citilink Indonesia, Benny Butarbutar.

Benny mengatakan, meski maskapai yang terbang ke Jeddah bukan pertama kali, tetapi Citilink bertekat memberikan fasilitas terbaik kepada masyarakat. Kebijakan ini semakin mempertegas kalau Citilink mampu bersaing di tengah pasar penerbangan umrah yang dikenal dengan persyaratan ketat. Karena penilaian yang dilakukan mulai aspek administrasi, tingkat ketepatan waktu penerbangan, hingga keselamatan dan keamanan penerbangan.

Semua sudah masuk dalam pemeriksaan dan Citilink dinilai sebagai pesawat yang siap menjalankan ketentuan internasional. “Dalam perencanaan penerbangan, nanti proses penerbangan akan dilakukan selama satu tahun dibagi dalam dua tahap. Pada tahap pertama Citilink menargetkan untuk menerbangkan sedikitnya 26.250 penumpang atau rata-rata penerbangan setiap hari 180 penumpang dengan pesawat Arbus A320 terbaru,” ujar dia.

Surabaya, kata dia, menjadi tujuan utama karena minat ibadah haji maupun umrah dari Jatim sangat tinggi dibandingkan daerahdaerah lain. Kondisi ini yang membuat Citlink berani berspekulasi menjadikan Surabaya sebagai lokasi penerbangan terbanyak setelah Jakarta. “Perekonomian yang tumbuh 5,8% juga menjadi pertimbangan Citilink ekspans usahakeSurabaya,” ujarnya.

Untuk tahun ini, Citilink menegaskan menargetkan untuk menerbangkan 11,2 juta penumpang. Target ditetapkan karena ada kenaikan penumpang Citilink dari tahun ke tahun. Misalnya pada 2012, jumlah penumpang 2,8 juta jiwa, tahun 2013 sebanyak 5,5 juta, dan tahun 2014 sebanyak 8 juta. Dengan kenaikan jumlah penumpang ini, maka targetnya dinaikkan menjadi 11,2 juta jiwa.

“Kami juga akan menambah jumlah pesawat akan melengkapi ekspansi yang dilakukan perusahaan,” ujar Benny. Sales Representative Surabaya Citilink, Noor Baiso menambahkan, saat ini market penumpang dari Jatim menjadi incaran semua pebisnis penerbangan. Saat ini pihaknya bekerja sama dengan travel untuk mendapatkan penumpang. “Saya sudah koordinasi dengan travel, mereka bersedia menjalin kerja sama,” katanya.

Arief ardliyanto
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4448 seconds (0.1#10.140)