Angka Kemiskinan di Berbah Tinggi

Kamis, 19 Februari 2015 - 10:26 WIB
Angka Kemiskinan di Berbah Tinggi
Angka Kemiskinan di Berbah Tinggi
A A A
SLEMAN - Angka kemiskinan warga di Kecamatan Berbah, masih tinggi di atas 10% dari jumlah kepala keluarga (KK). Dari sekitar 14.000 KK terdapat 2.031 KK atau 14,5% di antaranya tergolong keluarga miskin.

Bahkan menurut versi badan pusat statistik (BPS) lebih banyak lagi jumlahnya, yakni 2.295 atau 16,3% KK. “Itulah data terakhir keluarga miskin di tempat kami,” ungkap sekretaris kecamatan (Sekcam) Berbah Setiharno saat menerima kunjungan rombongan Humas Sleman di tempat pemberdayaan KK miskin di Dusun Sanggrahan, Tegaltirto, kemarin.

Setiharno mengatakan, sebenarnya telah banyak upaya untuk menekan dan mengurangi keluarga miskin di Berbah. Baik melalui pembinaan maupun pelatihan. Dari beberapa kegiatan tersebut, sekarang di beberapa dusun mulai ada kelompok usaha pemberdayaan masyarakat.

Terutama dalam usaha ekonomi kreatif. “Misalnya di Dusun Sranggahan ini, ada usaha kerajinan sandal dan pembuatan keset dari kain perca. Dari kegiatan ini sudah ada beberapa KK yang sudah tidak tergolong keluarga miskin lagi,” paparnya. Namun yang menjadi permasalahan dari usaha pengentasan kemiskinan ini, selain dalam pengembangan usaha, juga soal mental dari warga itu sendiri.

Kepala Desa Sendangtirto, Berbah Sarjono mengatakan terus melakukan pembinaan dan membentuk kelompok usaha untuk mengatasi masalah ini. Di Sedangtirto sendiri sekarang sudah ada beberapa kelompok usaha sesuai dengan bidang usahanya. Seperti kelompok wanita tani (KWT), perajin, perikanan dan peternakan, serta olahan makanan.

Priyo setyawan
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5470 seconds (0.1#10.140)