Kepala BNPB Cek Relokasi Siosar

Rabu, 18 Februari 2015 - 10:00 WIB
Kepala BNPB Cek Relokasi Siosar
Kepala BNPB Cek Relokasi Siosar
A A A
KARO - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif mengecek langsung pembangunan relokasi perumahan warga tiga desa korban erupsi Gunung Sinabung di kawasan Siosar, Kabupaten Karo, Selasa (17/2).

Kedatangan Syamsul di dampingi Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Tri Budiarto, Direktur Bantuan Darurat BNPBHermansyah, Danrem 023/KS, Kolonel (Inf) Santos Gunawan Matondang. Lalu, Sekdakab Karo Saberina MARS, Dandim 0205/TKLetkol (Inf) Asep Sukarna. Syamsul Maarif menyatakan kebanggaannya atas pekerjaan yang sudah dilaksanakan para prajurit TNI dalam membangun rumah bagi para pengungsi korban erupsi Sinabung. Rumah yang dibangun bagus.

Tertata dengan baik, lokasinya juga asri dan sejuk dilengkapi dengan taman dan fasilitas lainnya, ujar Syamsul. Lebih lanjut dikatakan pada tahap pertama pembangunan 50 unit rumah untuk para pengungsi telah selesai dilaksanakan. Bahkan sudah disertai fasilitas listrik serta air. Pekerjaan perbaikan dan pengerasan jalan sepanjang 9,2 kilometer juga telah selesai sesuai dengan rencana.

Untuk tahap kedua akan dibangun 320 unit rumah dan dananya akan segera diberikan. Terkait dengan sudah selesainya 50 unit rumah yang dibangun, dia mengimbau Pemkab Karo agar rumah-rumah yang sudah selesai dibangun untuk ditempati oleh para pengungsi tiga desa yaitu Desa Simacem, Desa Bakerah dan Desa Suka Meriah. Menurut Syamsul, apa yang dikerjakan prajurit TNI itu merupakan karya bhakti TNI skala besar.

TNI telah melaksanakan tugas dengan maksimal sehingga pembangunan perumahan ini dapat berjalan sesuai dengan yang di harapkan. Usai meninjau pembangunan perumahan untuk para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung, Samsyul Marif beserta rombongan meninjau lokasi pengungsian di GBKP Jalan Kotacane yang dihuni 697 jiwa.

Mereka sebagian besar berasal dari Desa Sukanalu dan Sigarang-garang. Pada kesempatan tersebut Syamsul mengimbau para pengungsi mau segera dipulangkan ke desanya masing-masing. Pihaknya segera menyiapkan dana untuk kepulangan pengungsi.

Para pengungsi dapat segera kembali ke desanya dan memulai kehidupan seperti biasanya, sebut Syamsul. Sejauh ini keterlambatan pemulangan para pengungsi ini dikarenakan dana pemulangan pengungsi belum dapat dicairkan. Nak, sebutnya, dalam waktu secepatnya akan diberikan untuk biaya mereka memulai aktivitas di desa.

Riza pinem
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6858 seconds (0.1#10.140)