35 Ibu Rumah Tangga di Sukabumi Positif HIV

Rabu, 11 Februari 2015 - 03:15 WIB
35 Ibu Rumah Tangga di Sukabumi Positif HIV
35 Ibu Rumah Tangga di Sukabumi Positif HIV
A A A
SUKABUMI - Penyebaran virus HIV/AIDS di Kota Sukabumi kian menggurita sampai ke kalangan ibu rumah tangga. Sepanjang 2014 silam ditemukan 35 orang ibu rumah tangga dinyatakan positif HIV.

Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengakui adanya fenomena baru dalam kasus penyebaran HIV/AIDS.

Seiring dengan ditingkatkannya pendeteksian penyakit berbahaya di kalangan masyarakat, semakin terungkap peta penyebarannya yakni temuan kasus baru penderita HIV dari kalangan ibu rumah tangga sebanyak 35 orang.

Dari 35 orang penderita itu, tujuh orang ibu rumah tangga di antaranya tengah dalam kondisi hamil. Pada umumnya, mereka terjangkit virus dari pasangannya (suami, red).

"Para ibu rumah tangga ini tidak pernah mengetahui jika dirinya telah terjangkit virus HIV. Akibatnya mereka berpotensi menularkan penyakit tersebut kepada sang bayi pada saat proses melahirkan atau menyusui," beber Achmad Fahmi kepada wartawan, kemarin.

Fahmi mengakui, kasus penyebaran HIV/AIDS di kalangan ibu rumah tangga ini cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Pada awal 2014, KPA hanya menemukan empat orang ibu rumah tangga yang positif terjangkit HIV. Namun, setelah dilakukan pendeteksian hingga akhir tahun, jumlahnya bertambah menjadi 35 orang. "Tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan bertambah."

Karena itulah, KPA berharap agar setiap pasangan suami istri tidak sungkan atau merasa malu untuk bisa mendeteksi kesehatannya dengan mengakses layanan pemeriksaan HIV.

"Dengan begitu penyebaran virus bisa diantisipasi lebih dini sebelum menjangkit kepada anak-anaknya."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5894 seconds (0.1#10.140)