Empat Rumah di Pasar Sibuhuan Ludes Terbakar

Selasa, 10 Februari 2015 - 12:25 WIB
Empat Rumah di Pasar...
Empat Rumah di Pasar Sibuhuan Ludes Terbakar
A A A
MEDAN - Empat rumah warga di Lingkungan I, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), ludes terbakar, Senin (9/2) sekitar Pukul 11.30 WIB.

Keterangan sejumlah warga, api berasal dari rumah milik M Nur Pohan, 50. Api cepat membesar membakar rumah yang terbuat dari papan dan menjalar ke rumah warga lain. Namun, belum diketahui pasti penyebab kebakaran itu. Warga langsung berusaha memadamkan api menggunakan air dari sumur-sumur warga. Sebagian berhamburan menyelamatkan barang berharga.

Tidak ada korban jiwa, tapi kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp500 juta. Kanit Reskrim Polres Padang Lawas Ipda Eka Wahyudi mengatakan, kebakaran menyebabkan dua rumah hangus dan dua rumah rusak karena dapurnya terbakar. Adapun rumah yang terbakar adalah milik M Nur Pohan, Torkis Lubis, 35, Imron Harahap, 52, dan Sinar Pohan, 62.

Eka menambahkan, berdasarkan keterangan para saksi api berhasil dipadamkan dalam waktu 30 menit setelah dua unit mobil pemadam kebakaran didatangkan ke lokasi kejadian. Polisi masih menyelidiki sumber api. “Belum diketahui sumber api berasal dari mana. Tapi diindikasikan api berasal dari rumah M Nur Pohan,” katanya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulang Bencana Daerah ( BPBD) Palas M Irwan Baginda Hasibuan menuturkan, setelah mendengar informasi kebakaran, pihaknya langsung mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran.

Namun, warga yang kesal sempat melempari mobil pemadam kebakaran lantaran dinilai terlambat datang. “Sejauh ini, data yang kami terima tidak ada korban jiwa. Namun, tadi sempat mobil damkar jadi sasaran lemparan warga, tidak tahu kenapa, mungkin mereka lagi panik,” katanya.

Camat Barumu, Khairul Saleh Hasibuan mengatakan, saat ini pihaknya sedang mendata. Dia memperkirakan kerugian yang dialami korban M Nur Pohan dan Torkis Lubis sekitar Rp300 juta dan korban Imron Hasibuan dan Sinar Pohan mencapai Rp200 juta.

Palapa Harahap
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0986 seconds (0.1#10.140)