Kota Tegal Jadi Percontohan Peningkatan Konsumsi Ikan

Selasa, 10 Februari 2015 - 12:14 WIB
Kota Tegal Jadi Percontohan Peningkatan Konsumsi Ikan
Kota Tegal Jadi Percontohan Peningkatan Konsumsi Ikan
A A A
TEGAL - Kota Tegal ditetapkan sebagai salah satu kota percontohan dalam upaya peningkatan konsumsi ikan masyarakat dan peningkatan mutu ikan yang sampai ke konsumen.

Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian Kota Tegal Noor Fuady mengungkapkan, Kota Tegal menjadi kota percontohan dalam program Fisheries and Aquaculture for Food Security in Indonesia (FAFI). Program ini merupakan kerja sama Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dengan Pemerintah Belanda melalui Centre for Development Innovation (CDI). “Kota Tegal dipilih sebagai kota percontohan bersama Cirebon dan Muara Angke, Jakarta,” kata Noor, kemarin.

Menurutnya, salah satu tujuan program FAFI adalah memberikan dukungan kepada pemerintah untuk meningkatkan animo masyarakat dalam mengonsumsi ikan. Hasil tangkapan ikan yang melimpah menjadi salah satu dasar dipilihnya Kota Tegal. “FAFI adalah program yang bertujuan memotivasi masyarakat Indonesia untuk lebih mencintai hasil perikanan,” katanya.

Selain meningkatkan minat masyarakat untuk mengonsumsi hasil laut, FAFI juga berupaya memberikan pemahaman dan pembekalan kepada masyarakat nelayan, pedagang, dan pengolah hasil perikanan, untuk menjaga mutu ikan sampai ke konsumen. Sebab selama ini masih banyak nelayan, pedagang, dan pengolah hasil perikanan, yang memperlakukan hasil tangkapan asal-asalan. Akibatnya, banyak nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam ikan tidak bisa dirasakan manfaatnya oleh konsumen.

“Peningkatan mutu ikan dengan cara memperlakukan hasil perikanan secara benar, dari perlakuan di kapal, pengolah, pedagang, hingga ke konsumen,” katanya. Noor menambahkan, pertemuan awal pelaksanaan program FAFI sudah digelar selama dua hari pada 5-6 Februari di Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Tegal. Dalam pertemuan itu dibuat rumusan perencanaan kegiatan.

Berdasarkan data di Dinas Kelautan dan Perikanan, tingkat konsumsi ikan oleh warga Kota Tegal terbilang rendah. Pada 2013, tingkat konsumsi ikan hanya sebesar 19,21 kg/kapita/ tahun atau masih di bawah tingkat konsumsi ikan Provinsi Jateng sebesar 20,13 kg/kapita/tahun.

Wali Kota Tegal Siti Masitha menyambut gembira terpilihnya Kota Tegal sebagai salah satu kota percontohan peningkatan konsumsi ikan. Menurut dia, pemkot selama ini terus mendorong agar konsumsi ikan di masyarakat terus meningkat melalui sejumlah kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung.

Farid Firdaus
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6134 seconds (0.1#10.140)