Data BPS: Penduduk Banten Kurang Bahagia

Sabtu, 07 Februari 2015 - 16:11 WIB
Data BPS: Penduduk Banten Kurang Bahagia
Data BPS: Penduduk Banten Kurang Bahagia
A A A
SERANG - Badan Pusat Statistik (BPS) Banten merilis indeks kebahagian warga Banten lebih rendah dari kota besar, seperti Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan terutama Kepulauan Riau, pada tahun 2014.

"Banten masih di bawah Jawa Barat yang mencapai indeks kebahagiaan sebesar 66 persen, dan Jakarta yang hanya mencapai 60,21 persen," kata Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Banten Gandari Adianti, Sabtu (7/2/2015).

Dia menjelaskan, indeks kebahagiaan diukur berdasarkan indeks komposit yang disusun oleh tingkat kepuasan terhadap 10 aspek kehidupan pokok, yakni kesehatan, pendidikan, pekerjaan, pendapatan rumah tangga, keharmonisan keluarga, ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, kondisi rumah dan aset, keadaan lingkungan, dan kondisi keamanan.

"Banten lebih rendah, terutama di bidang pendidikan. Orang Banten belum bisa mendapat jaminan kelangsungan pendidikan. Ini yang membuat indeks kebahagiaan di Banten masih di bawah Yogyakarta," jelasnya

Sementara itu, tingkat kebahagian di Banten lebih dirasakan kaum wanita dibanding kaum pria, dengan alasannya banyak dari kaum pria, terutama yang sudah menikah mengaku menanggung tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan seorang istri yang hanya menerima penghasilan suaminya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6588 seconds (0.1#10.140)