Wagubsu Ajak India Investasi di KEK Sei Mangkei

Rabu, 04 Februari 2015 - 13:31 WIB
Wagubsu Ajak India Investasi di KEK Sei Mangkei
Wagubsu Ajak India Investasi di KEK Sei Mangkei
A A A
MEDAN - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) mengajak investor asal India untuk berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Kabupaten Deliserdang, untuk meningkatkan kerja sama antara keduanya yang sudah terjalin sejak lama.

Erry yang berbicara saat perayaan Hari Republik India ke- 66 sekaligus peresmian Festival of India di Hotel Grand Angkasa, Medan (2/2) malam mengungkapkan, selama ini hubungan antara Sumut dan India di sektor bisnis sudah sangat kuat. Terbukti ekspor minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) terbesar dari Sumut ke India.

“Untuk itu, kami mengajak India untuk berinvestasi di CPO yang memiliki produk turunan sangat banyak. Sei Mangkei merupakan lokasi yang sangat strategis untuk mengembangkan produk turunan CPO tersebut,” ujarnya.

Menurut dia, kehadiran Duta Besar India untuk Indonesia ke Sumut Gurjit Singh dalam perayaan Hari Republik India itu, menunjukkan keseriusan Pemerintah India untuk meningkatkan hubungan kerja sama antara India dan Sumut. “Saat ini, hubungan yang harus dikembangkan adalah hubungan people to people. Kami harus mampu menggaet para pebisnis dari India untuk ikut mengembangkan masterplan di Sumut, khususnya di kawasan industri Sei Mangkei,” ucapnya.

Di sisi lain Erry Nuradi menyambut baik acara Festival of India di Kota Medan mengingat masyarakat etnis India sangat banyak di kota ini seperti di kawasan Kampung Madras, Jalan Zainul Arifin. Keberadaan masyarakat etnis India di sana menunjukkan hubungan antara India dan Indonesia yang telah terjalin lama sehingga harus terus dikembangkan.

“Festival of India sangat bagus untuk mengenalkan budaya India lebih dalam ke masyarakat Sumut serta untuk lebih mempererat hubungan India dan Sumut. Ke depan, hubungan itu harus dikembangkan lagi ke sektor perdagangan dan jasa,” paparnya.

Sementara Duta Besar India Gurjit Singh, juga menilai India dan Sumut selama ini memiliki hubungan yang telah terjalin baik selama ini. Indonesia merupakan negara dari komunitas India di Kota Medan, sedangkan India merupakan tanah air bagi mereka. Untuk meningkatkan hubungan kerja sama antara India dan Indonesia, tidak bisa dilakukan hanya lewat wacana, namun harus diwujudkan secara langsung, seperti lewat kerja sama di bidang pendidikan, riset, ekonomi, keamanan, dan lainnya.

“Hubungan antara India dan Indonesia yang telah dimulai oleh Presiden Republik Indonesia yang pertama, Soekarno, telah membawa India ke level baru. Untuk itu, kita harus memperbaharui lagi hubungan itu lewat kerja sama lainnya seperti lewat Festival of India. Ini upaya konkret untuk meningkatkan hubungan kerja sama antara kedua negara ini,” ungkapnya.

Konsul Jenderal India di Medan, Basir Ahmed mengungkapkan, pihaknya sengaja mengangkat tema Sahabat India di Festival of India yang digelar hingga Mei mendatang agar pemuda etnis India di Kota Medan lebih mengenal budaya asli India. Selama kegiatan tersebut, mereka akan menghadirkan berbagai kegiatan seni, seminar, promosi mal, pemutaran film dokumenter India, dan lainnya.

Kegiatan itu juga untuk mempererat hubungan antara India dan Indonesia. “India dan Indonesia memiliki banyak persamaan budaya. Namun apabila persamaan itu tidak dipupuk, maka akan pudar,” ungkapnya.

Dicky Irawan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3246 seconds (0.1#10.140)