Warga Antusias Sambut MTQ Medan Sunggal

Senin, 02 Februari 2015 - 11:22 WIB
Warga Antusias Sambut MTQ Medan Sunggal
Warga Antusias Sambut MTQ Medan Sunggal
A A A
MEDAN - Warga menyambut antusias pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kecamatan Medan Sunggal yang digelar di Masjid Al-Ikhwan, Jalan Sunggal, akhir pekan lalu.

Meskipun hujan deras mengguyur kawasan itu, namun sekitar 500 warga dan peserta antusias bertahan di tenda yang disediakan panitia. Wali Kota Medan Duzlmi Eldin yang diwakilkan Kepala Bagian Agama Pemko Medan Ilyas membuka kegiatan ini dengan memukul beduk disaksikan Camat Medan Sunggal Pahri Matondang.

Dalam sambutan Ilyas mengatakan, melalui MTQ ini, kaum muslim harus membumikan pembacaan dan pengkajian Alquran sebagai pedoman hidup dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. MTQ jangan hanya dijadikan sebagai seremonial semata untuk membaca ayat-ayat suci Alquran, tetapi bagaimana masyarakat selama ini yang masih enggan membaca Alquran semakin tertarik membaca dan mempelajarinya.

“Ini (MTQ) momentum penting untuk kita agar terus membaca Alquran. Kita berharap dengan ada MTQ, kita semakin aktif membaca kitab suci,” katanya. Camat Medan Sunggal, Pahri Matondang mengatakan, enam kelurahan yang masingmasing mengutus enam peserta bertarung di tingkat anakanak, remaja, dewasa putra dan putri.

MTQ tingkat kecamatan ini merupakan upaya pencarian bibit qori dan qoriah. Para pemenang nanti akan kembali dibina dan didik, tapi jika memenuhi syarat akan dikirim mengikuti MTQ tingkat Kota Medan. “Alhamdulillah pelaksanaan MTQ berjalan lancar walaupun pada pagi hari sempat diguyur hujan deras. Dengan MTQ ini kami berharap bisa memberikan motivasi kepada warga, khususnya umat muslim untuk belajar mengaji,” katanya.

Dalam meningkatkan keinginan masyarakat membaca kitab suci Alquran, kecamatan melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) aktif melakukan pengajian di masjidmasjid. Selama ini ada beberapa masjid yang aktif melakukan pengajian. Ke depan, dia berharap agar pengajian di masjidmasjid semakin ramai.

“Kami juga akan bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Medan Sunggal dan Kantor Urusan Agama (KUA) Medan Sunggal agar pengajian semakin aktif,” katanya.

Irwan Siregar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4992 seconds (0.1#10.140)