Lulusan USI Harus Punya Daya Saing

Senin, 26 Januari 2015 - 11:55 WIB
Lulusan USI Harus Punya Daya Saing
Lulusan USI Harus Punya Daya Saing
A A A
PEMATANGSIANTAR - Alumni Universitas Simalungun (USI) Pematangsiantar diharapkan memiliki kemampuan daya saing mengabdikan diri untuk kepentingan masyarakat.

Rektor USI Marihot Manullang mengingatkan hal itu saat mewisuda 1.164 sarjana dan magister,di Auditorium Radjamin Purba, Kampus USI, Sabtu (24/1) lalu. Menurut Marihot, untuk mampu bersaing di lingkup nasional maupun internasional maka wisudawan harus mempunyai sikap kemandirian dan jiwa entrepreneurship atau kewirausahaan.

Sehingga nantinya mampu menciptakan prestasi sekaligus membuka lapangan kerja. “Lulusan atau alumni USI harus mampu bersaing dengan alumni perguruan tinggi lainnya dalam mengabdikannya untuk kepentingan masyarakat. Jadi tidak mengharapkan bekerja pada sebuah perusahaan atau menjadi PNS, tetapi mampu menciptakan prestasi sekaligus membuka lapangan kerja,” ujar Marihot.

Selain itu, para sarjana dan magister yang diwisuda jangan cepat berpuasa diri dengan apa yang telah dicapai saat ini. Sebaliknya, tetap berupaya mengembangkannya dalam meningkatkan kualitas diri, sehingga memiliki kemampuan daya saing dalam dunia kerja maupun wira usaha.

Dia secara khusus mengharapkan alumni USI tetap menjaga nama baik almamaternya dan terus berupaya meningkatkan kualitas diri dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sementara itu, mewakili Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah I Sumut- Aceh Rudi Nababan mengingatkan, para wisudawan gelar yang diraih bukan dijadikan sekadar hiasan nama, atau untuk gagah-gagahan. Namun, harus dijadikan motivasi mengabdi untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara.

“Ilmu yang diperoleh dari USI harus diimplementasikan untuk kepentingan masyarakat. dengan demikian, gelar yang diraih berguna untuk masyarakat, bangsa, dan negara,” kata dia. Rudi juga meminta para sarjana dan magister yang diwisuda berterima kasih kepada USI, dosen, dan orang tua yang telah mendukung selama menuntut ilmu.

Direktur Pasca Sarjana USI Robert Siregar menyebutkan, magister yang diwisuda sebanyak 55 orang dari program studi kajian perencanaan wilayah.

Ricky Hutapea
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7375 seconds (0.1#10.140)