Kelurahan Lalang Gencarkan Penertiban PKL

Jum'at, 16 Januari 2015 - 14:10 WIB
Kelurahan Lalang Gencarkan Penertiban PKL
Kelurahan Lalang Gencarkan Penertiban PKL
A A A
MEDAN - Kemacetan arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Lalang, Medan, disebabkan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di badan jalan, trotoar, dan di atas drainase dekat Pasar Deli Prima.

Kondisi ini membuat Camat Medan Sunggal, Fahri Matondang; dan Lurah Lalang, Subhan Fajri Harahap, turun langsung menertibkan pedagang. Fahri dan Subhan mendatangi satu persatu pedagang untuk diberikan pengarahan agar tidak berjualan lagi di badan jalan, trotoar, dan di atas drainase. Keduanya juga menasihati para tukang becak dan pengendara yang parkir hingga berlapis dan menyebabkan kawasan itu kerap menjadi langganan macet.

Aparatur Pemerintah Kota (Pemko) Medan ini mendirikan posko jaga dan menempatkan personelnya agar pedagang tidak lagi berjualan di tempat terlarang di atas pukul 06.00 WIB. “Penataan PKL, becak dan parkir kendaraan sangat perlu dilakukan agar kawasan ini tidak kerap menjadi langganan macet dan banjir. Mereka (pedagang) tidak dilarang berjualan, tetapi jangan sampai pukul 06.00 WIB, karena pada jam itu pengguna jalan sudah mulai ramai,” kata Fahri kepada KORAN SINDO MEDAN.
Penertiban dan penataan PKL dan kendaraan yang parkir ini berdasarkan keluhan masyarakat. Selanjutnya, kelurahan berkoordinasi dengan Kecamatan Sunggal, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub) Medan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Medan, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang. Pasalnya, kawasan penertiban PKL di Jalan Gatot Subroto berbatasan dengan Deliserdang.

“Setiap harinya kami menertibkan dan menata PKL dari jembatan badan kota, Pasar Deli Prima, seluruh badan Jalan Gatot Subroto yang merupakan wilayah Kelurahan Lalang,” ujarnya. Penertiban dilaksanakan bersama Satpol PP, Dishub, dan polantas. Ke depannya, Fahri mengharapkan PKL dan pengendara menaati arahan yang diberikan agar tercipta tatanan kota yang bersih dan tertib. Para pengendara yang melintas pun akan merasa nyaman.

Seorang pengendara bernama Indah, 37, mengatakan, sejak beberapa hari ini Jalan Gatot Subroto depan Pasar Deli Prima tidak begitu macet. Dia berharap kawasan tersebut tetap ditata agar para pedagang tidak berjualan di badan jalan, dan parkir berlapis-lapis. “Lumayan lancar walaupun ada macet tapi tidak macet sekali. Ke depan, harapannya lebih lancar. Pedagang juga tetap diperbolehkan berjualan dengan waktunya yang diatur,” ujarnya.

irwan siregar
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7863 seconds (0.1#10.140)