Pemko Medan Salurkan Bantuan Alat Kerja

Senin, 12 Januari 2015 - 11:56 WIB
Pemko Medan Salurkan Bantuan Alat Kerja
Pemko Medan Salurkan Bantuan Alat Kerja
A A A
MEDAN - Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan menyalurkan bantuan alat kerja kepada 17 kelompok usaha dari Kecamatan Medan Ampas di Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Jalan Selamat Nomor 21, Kelurahan Siti Rejo III, Medan, Jumat (9/1).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan, Dammikrot Harahap, mengatakan, pemberian alat bantu kerja ini sesuai program Teknologi Tepat Guna (TTG). Adapun bantuan ini merupakan pemberian dari bantuan pusat kepala kelompok kerja yang dinilai mengalami kekurangan dalam teknologi. Dengan pemberian alat kerja tersebut diharapkan bisa mendorong masyarakat mendapatkan penghasilan lebih.

“Semangat mengembangkan pemberdayaan masyarakat adalah tugas saya selaku kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan. Kita harus ingat pada awalnya negara ini berdiri disebabkan pemberdayaan masyarakat,” ungkap Dammikrot Harahap Sementara Camat Medan Amplas, Zulfachri Ahmadi, mengaku bangga dengan dipilihnya Medan Amplas sebagai salah satu tempat pemberian bantuan alat kerja.

Untuk itu, dia mengharapkan pemberian bantuan ini bisa memancing keinginan masyarakat lainnya mengembangkan usaha kerajinan. Selanjutnya, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak Pemko Medan agar warga di wilayahnya terus mendapatkan bantuan. Mantan camat Medan Selayang ini menegaskan, akan terus memantau penggunaan peralatan yang diberikan itu.

Pemantauan diperlukan guna memastikan alat tersebut benar- benar digunakan sebagaimana fungsinya. “Kita tidak langsung memberikan begitu saja. Artinya, setelah diberikan langsung selesai tugas kita. Tapi selalu kita pantau, tidak boleh dijual,” ucapnya. Agar mendapatkan bantuan pemberdayaan ini, masyarakat harus benar-benar memiliki keinginan dan sudah memiliki kerajinan.

Pasalnya, jika sekadar minta bantuan tanpa terlihat bukti ingin melakukan kerajinan, sangat sulit untuk dibantu. Pemerintah hanya membantu dari fasilitas yang dibutuhkan. Ketua Posyantek, Wahana Lubis, mengatakan, pemberian bantuan ini sudah sesuai pendataan yang dilakukan sebelumnya.

irwan siregar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9472 seconds (0.1#10.140)
pixels