Sungai Padang Meluap, Rumah Terendam

Rabu, 07 Januari 2015 - 09:39 WIB
Sungai Padang Meluap, Rumah Terendam
Sungai Padang Meluap, Rumah Terendam
A A A
TEBINGTINGGI - Sungai Padang di Kota Tebingtinggi kembali meluap hingga satu meter pada Selasa (6/1) pagi. Akibatnya ratusan rumah warga di Kecamatan Tebingtinggi dan Bajenis terendam air.

Luapan Sungai Padang yang membelah Kota Tebingtinggi itu akibat hujan lebat yang terjadi di hulu sungai. Berdasarkan pantauan, banjir terparah di Lingkungan I, Kelurahan Bhandar Utama, Kecamatan Tebingtinggi Kota. Di lokasi ini ketinggian air setinggi pinggang orang dewasa atau sekitar satu meter.

Warga Lingkungan I, Kelurahan Bhandar Utama, Kecamatan Tebingtinggi, Sumiati, mengatakan, rumah warga mulai digenangi air yang berasal dari Sungai Padang sekitar pukul 05.00 WIB saat warga hendak melaksanakan salat Subuh. “Air naik saat kami baru bangun tidur, dan mau salat. Jadi, kami masih sempat mengamankan barang-barang sebelum terendam banjir,” katanya.

Banjir kiriman akibat meluapnya air Sungai Padang ini merupakan banjir pertama di awal 2015. Diperkirakan bila hujan masih turun di kawasan hulu sungai seperti Desa Sipispis, Kabupaten Serdangbedagai, banjir ini diperkirakan bakal meluas. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tebingtinggi, Wahid Setorus, membenarkan beberapa lokasi dari dua kecamatan di kota itu digenangi banjir akibat Sungai Padang meluap.

“Ini merupakan banjir kiriman dari hulu sungai,” ujarnya . Pihaknya tetap mengawasi setiap satu jam kondisi Sungai Padang.

Perayudi Syahputra
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0104 seconds (0.1#10.140)