Kodim 0204/DS Berhasil Memanen 1 Ton Bawang Merah

Senin, 05 Januari 2015 - 11:39 WIB
Kodim 0204/DS Berhasil Memanen 1 Ton Bawang Merah
Kodim 0204/DS Berhasil Memanen 1 Ton Bawang Merah
A A A
PERBAUNGAN - Banyak orang mengira Tentara Nasional Indonesia (TNI) hanya akrab dengan senjata dan operasi militer saja. Ternyata tidak semua begitu.

TNI ternyata mempunyai kesibukan selain operasi militer. Salah satunya dengan bercocok tanam. Nah, hal ini ditunjukkan jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0204/DS. Memanfaatkan lahan milik Kodim 0204/DS di Desa Kota Galuh, Kecamatan Perbaungan, Komandan Kodim (Dandim) 0204/DS Letnan Kolonel (Inf) Hanryan Indrawira beberapa waktu lalu bersama anak buahnya menanam budidaya bawang merah.

Pada Sabtu(3/12) laludiabersama Bupati Serdangbedagai (Sergai) Soekirman melakukan panen perdana bawang merah. Selain itu hadir juga Ketua DPRD Syahlan Siregar, Kadis Pertanian Perternakan Syafarudin, Kadis BP2KP Setyarno, Camat Perbaungan Akmal Koto. Melihat hasil panen yang cukup baik, Letkol (Inf) Hanryan Indrawira yakin bawang merah cocok juga dibudidayakan di Sergai.

“Hasil panen ini kira-kira 1 ton lebih sedikit. Sementara bibitnya waktu awal dulu hanya 110 kilogram. Hasilnya cukup lumayan,” ucapnya. Selain bawang merah, ternyata ada juga varietas holtikultura lainnya yang dikelola Kodim 0204/ DS di lahan seluas 3,5 hektare (ha) tersebut.

Khusus bawang merah memang diuji coba di lahan seluas 3 rante dibedengbedeng. Kemudian ditabur bibit bawang merah dari Brebes hingga 110 kilogram. Saat panen, dari setiap bedengan ditaksir mampu menghasilkan 12 kilogram.

Dari 97 bedeng yang ada maka mencapai 1 ton bawang merah. “Bisalah petani di Sergai mencoba menanam bawang, selain padi. Bawang ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi juga,” kata Letkol Inf Hanryan Indrawira.

Sementara itu, Bupati Soekirman sangat mengapresiasi usaha yang digiatkan jajaran Kodim 0204/DS, terutama pengelolaan lahan pertanian di Desa Kota Galuh tersebut. Apalagi hasil panen Kodim 0204/DS cukup baik.

Bukti kuat bawang merah bisa diandalkan petani Sergai ke depan. “Sentra bawang merah saat ini Samosir. Tentunya ke depan petani Sergai bisa turut merasakan manfaat bawang merah ini,” kata Soekirman.

Erdian Wirajaya
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3937 seconds (0.1#10.140)