Pemkab Brebes Bagikan 60 Ton Beras ke Nelayan

Minggu, 04 Januari 2015 - 07:14 WIB
Pemkab Brebes Bagikan...
Pemkab Brebes Bagikan 60 Ton Beras ke Nelayan
A A A
BREBES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes menyiapkan 60 ton beras untuk nelayan yang akan diberikan pada tahun ini. Bantuan beras ini untuk mengantisipasi cuaca buruk di laut Jawa yang membuat nelayan tidak bisa melaut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Brebes Tandi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 60 ton beras untuk mengantisipasi musim paceklik tahun ini.

"Akhir Januari atau Februari ini akan dibagikan ke nelayan," kata Tandi, kepada wartawan, Sabtu (3/01/2015).

Jumlah beras paceklik yang diberikan tersebut meningkat dibanding jumlah bantuan serupa yang diberikan pemkab pada tahun lalu, yakni sebanyak 55 ton.

Tahun lalu, bantuan beras dibagikan secara simbolis oleh Bupati Brebes Idza Priyanti di tiga tempat berbeda, yaitu Desa Pragpag Lor, Kecamatan Losari, Desa Karang Dempel, Kecamatan Losari, serta TPI Desa Pengaradan, Kecamatan Tanjung.

"Seperti pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, cuaca buruk diperkirakan akan melanda perairan laut Jawa antara bulan Januari dan Februari," jelasnya.

Dia menambahkan, gelombang tinggi dan angin kencang dipastikan membuat banyak nelayan terpaksa tidak melaut untuk sementara waktu karena membahayakan keselamatan.

Kondisi ini bagi nelayan yang menggunakan perahu-perahu berukuran kecil biasanya disebut sebagai musim paceklik, karena mereka tidak punya penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Bantuan beras ini untuk membantu memenuhi kebutuhan nelayan selama tidak melaut atau paceklik karena gelombang tinggi," ujar Tandi.

Menurut Tandi, beras paceklik akan diberikan kepada sekitar 12.000 nelayan yang ada sejumlah kecamatan di pesisir pantai utara Jawa. Di antaranya di wilayah Kecamatan Bulakamba, Tanjung, Losari, Wanasari, serta Brebes.

"Saat ini ada sekitar 12.000 nelayan yang ada di Kabupaten Brebes," ungkapnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9361 seconds (0.1#10.140)