Pembuktian Pemain Impor

Jum'at, 02 Januari 2015 - 11:38 WIB
Pembuktian Pemain Impor
Pembuktian Pemain Impor
A A A
SURABAYA - Turnamen pramusim Piala Gubernur Jawa Timur dimanfaatkan Persebaya Surabaya sebagai ajang seleksi pemain asing. Lima pemain impor didaftarkan, padahal empat di antaranya belum teken kontrak.

Empat pemain asing itu adalah Benito Montalvo asal Argentina, Silvio Escobar (Paraguay), Kassim Aidara (Prancis), dan penyerang mungil asal Siera Lione, Shaka Bangura, yang baru tiba di Surabaya, 30 Desember kemarin. Sementara satu-satunya pemain asing sudah melakukan teken kontrak Otavio Dutra juga dipastikan tampil di Piala Gubernur.

Menurut Asisten Pelatih Persebaya Ibnu Grahan, regulasi Piala Gubernur Jatim yang akan digelar mulai Sabtu (3/1) memang tidak membatasi jumlah pemain asing. “Selain pemanasan buat tim, sekalian kami manfaatkan untuk melihat kemampuan pemain asing yang kami seleksi,” ujar Ibnu.

Tidak adanya batasan jumlah pemain asing di ajang tahunan yang sudah 12 kali digelar ini cukup menguntungkan Persebaya karena bisa menjajal semua kemampuan pemain asingnya. Persebaya, menurut Ibnu, bisa mendapatkan pemain yang benar-benar terbaik dan sesuai kebutuhan tim. CEO Persebaya Gede Widiade mengatakan, meski tidak mematok target di Piala Gubernur, tetap berharap tim berjuluk Bledug Ijo tampil maksimal.

“Ini turnamen pemanasan. Kami ingin anak-anak tampil baik dan menunjukkan sebagai tim yang layak bersaing di ISL musim depan,” ujarnya. Selain ajang seleksi buat pemain asing, Piala Gubernur Jatim juga sebagai tempat mengasah mental pemain karena Persebaya akan melakoni babak penyisihan grup di luar kandang, yaitu Pasuruan. “Tampil di luar Surabaya, mental tanding pemain juga bisa kita lihat nanti,” ucapnya.

Faktor mental sempat dikhawatirkan karena musim ini Persebaya sebagian besar mengandalkan pemain muda, termasuk enam pemain jebolan timnas U-19 yang baru menjalani debut perdana di ISL musim ini bersama Persebaya.

Sesuai jadwal yang dirilis PSSI Jatim, Persebaya yang berada di Grup A akan menjalani laga perdana melawan tuan rumah Persekap Kota Pasuruan di Stadion Untung Suropati, Pasuruan, Sabtu (3/1). Sehari kemudian Persebaya akan bertemu tim sesama ISL, Persegres Gresik.

Rachmad Tomy
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5549 seconds (0.1#10.140)